Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Di LIDM, Mahasiswa UNMUL Bahas Penghormatan Gender

Satu lagi kompetisi berskala nasional berhasil diikuti mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL).  Di Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tahun 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Alfin Aprizal Rachman dengan nama Tim Grafik Etam menampilkan permasalahan Penghormatan Gender berjudul Damai dalam Kesetaraan.

Diketahui, LIDM yang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta, 14 sampai 16 November 2019, adalah lomba yang mewakili sejumlah solusi penting untuk menghadapi tantangan Education 4.0, Sustainable Development Goals (SDGs), dan Penghormatan Gender yang ditujukan bagi pembinaan generasi milenial.

Meskipun belum berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang ini, namun pengalaman menjadi finalis LIDM yang bertema “Mewujudkan Generasi Milenial yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0” itu  adalah motivasi tersendiri yang didapatkan untuk kembali mengikuti kompetisi serupa dan lainnya di berbagai kesempatan.

“Berawal dari tugas kuliah, sangat mepet diberi waktunya dari Dosen. Membuat poster Divisi IV yang di upload di instagram dengan tema penghormatan gender. Satu tim terdiri dari empat orang, saya selaku Ketua Timnya, memutuskan untuk memberi nama Tim Grafik Etam atas rekomendasi dari Dosen kami,” tulis Alfin dalam aplikasi pesan untuk Smartphone kepada Humas UNMUL.

Dari Divisi IV sambungnya, terdapat 10 finalis seluruh Indonesia salah satunya adalah judul poster tim yang dipimpinnya yaitu Damai dalam Kesetaraan. “Dari banyaknya poster yang mengikuti lomba ini, Alhamdulilah kami adalah yang terpilih oleh juri. Dan selanjutnya diarahkan untuk mengikuti final di Universitas Negeri Yogyakarta,” jelasnya.

Kegiatan LIDM ini, diharapkan memunculkan ide-ide baru dari mahasiswa generasi milenial serta dapat didiseminasikan untuk membantu memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa. LIDM juga diharapkan dapat menjadi tempat  pembuktian citra positif pembangunan pendidikan tinggi yang telah berhasil melahirkan berbagai karya IPTEKS sebagai upaya pengembangan ilmu, dunia usaha dan kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat sekitar untuk mencapai kesejahteraan. (hms/frn/alfn)

 

Foto: Alfin Aprizal Rachman

Tanggal : 17 November 2019

Universitas Mulawarman