Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Di Dies FK UNMUL, Rektor Apresiasi Raihan Prestasi Tri Dharma

Tepat 1 November 2021, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (UNMUL) genap berusia 20 tahun.  Acara puncak Dies Natalis Fakultas yang berdiri sejak tahun 2001 ini, diselenggarakan secara Hybrid atau kombinasi antara peserta yang hadir secara langsung di Ruang Theater Lecture, Gedung UNMUL HUB, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda dan diikuti pula 500 partisipant melalui Platform Zoom Cloud Meeting dikarenakan masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Dekan FK UNMUL, dr. Ika Fikriah, M.Kes menyatakan, tema pada Dies ke-20 ini adalah menuju FK Unggul 2024 melalui pemanfaatan hutan tropis lembap. Tema tersebut diangkat mengacu pada visi UNMUL yakni menuju pengakuan standar internasional.

“Keberadaan FK UNMUL tentunya tidak hadir begitu saja namun membawa visi yang sangat penting dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas, bermartabat, memiliki iman dan taqwa untuk membantu pemenuhan kualitas SDM tenaga kesehatan yang ada di Kaltim secara khusus dan Indonesia secara umum,” terangnya. Senin, (01/11).

FK UNMUL di momentum bertambahnya usia tambah Dekan, telah melalui berbagai tahap perjuangan. Guna mencapai target dan harapan menuju FK Unggul ditegaskannya, diperlukan perjuangan dan kerja keras bersama semua pihak untuk mewujudkan cita-cita bersama.

“Yang terdekat kita akan membuka Program Studi Spesialis Paru dan saat telah dibangunnya Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Kampus UNMUL untuk Program Studi Kedokteran Gigi dan Profesi Kedokteran Gigi,” harapnya. Meski begitu, selain berbagai target yang telah tertuang, hal yang tidak kalah penting diakui Dekan adalah adalah memberikan yang terbaik untuk segi pelayanan baik untuk Sivitas Akademik maupun masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih diusia kami yang ke-20 para mitra kerja masih sangat baik menjalin kolaborasi bersama kami. Setelah prestasi ditingkat regional, kami menargetkan menjadi satu dari antara Fakultas Kedokteran unggul di level nasional,” urainya.

Peringatan hari jadi atau Dies Natalis dimaknai Rektor UNMUL sebagai sebuah rasa syukur dan saat memberikan sambutan secara langsung, Rektor menyampaikan ucapan selamat atas capaian berbagai prestasi dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Terutama capaian dalam meraih akreditasi A untuk Prodi-Prodi di FK yang merupakan hasil buah kerjasama sehingga Fakultas ini diusia ke-20 sudah banyak prestasi dan karya yang dihasilkan. Sebagai Rektor tentunya berterima kasih atas raihan tersebut,” sebut Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si.

Khusus capaian mahasiswa FK UNMUL ungkap Rektor, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tidak hanya prestasi dari sisi akademik atau dalam sisi kesehatan saja namun Guru Besar dari FISIP UNMUL ini juga mencatat terdapat beberapa mahasiswa juara dalam bidang minat bakat dan keagamaan.

“Terima kasih atas semua pihak yang terlibat atas kebesaran dan kemajuan FK UNMUL, dan tidak lupa pula kami mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi dan para Pendiri dengan selalu membantu dengan sepenuh hati dan pengorbanan. Alhamdulillah Infrastruktur di FK UNMUL merupakan kontribusi dari Pemerintah Provinsi,” katanya.

Atas nama pimpinan UNMUL diakhir sambutannya Rektor juga menyatakan, terkait pengadaan infrastruktur dan berbagai sarana prasarana di Kampus akan terus berupaya mencari sumber pembiayaan atau pendanaan.

“Tentunya masih banyak harapan yang disampaikan. Terkhusus untuk FK UNMUL yang telah memiliki banyak alumni ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Dalam acara puncak Dies Natalis FK ini selain diisi dengan penyerahan sertifikat konsultan dari Ketua Kolegium ke Spesialis Paru di Kaltim, dilakukan pula penyerahan kenang–kenangan kepada para Dosen dan Tendik Purna Tugas. Diruangan yang sama dilakukan pula Kuliah Tamu dengan topik Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan Pasca Covid 19 oleh narasumber dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. Faisal Yunus, Ph.D, Sp.P (K). (hms/frn)

 

Tanggal : 01 November 2021

Universitas Mulawarman