Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Bidang Akademik UNMUL Gelar Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2023

Bidang Akademik Universitas Mulawarman melalui Wakil Rektor Bidang Akademik menggelar Rapat Tinjauan Manajemen pada Selasa (31/10) di Kota Surabaya dengan dihadiri oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si, Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Ir. Sukartiningsih, M.Sc., Ph.D., IPU, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Nataniel Dengen, S.Si., M.Si, Ketua Satuan Pengawas Internal, Prof. Dr. H. Mohammad Noor, M.Si, serta para Ketua dan Sekretaris Lembaga dalam hal ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Kepala Biro dan Wakil Dekan Bidang Akademik maupun Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Universitas Mulawarman.

Melalui rapat ini, ada dua hal yang menjadi perhatian utama yaitu Evaluasi Akademik dan Tinjauan Kurikulum. Prof. Lambang menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk berdiskusi terkait hal-hal yang berhubungan dengan akademik. Baik evaluasi dan juga capaian yang telah dilaksanakan sepanjang tahu  2023 ini. “Diskusi evaluasi ini terkait capaian-capaian maupun berbagai kendala yang dilaksanakan oleh bidang akademik dari berbagai fakultas dan juga universitas. Selain itu juga, kita perlu melakukan identifikasi beberapa permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusi terbaik.”, jelas beliau. Ia pun mengharapkan adanya terbosan yang dapat meningkatkan layanan akademik di UNMUL.

Selain itu, Prof. Abdunnur selaku Rektor pun menyampaikan bahwa UNMUL perlu mencoba untuk merencanakan membangun Laboratorium Industri/Laboratorium Akademik. “Kita memiliki lahan sebesar 2500 hektar disana sebagai penyangga IKN. Konsep dan detailnya sendiri dapat kita pertimbangkan dan diskusikan melalui rapat ini juga.”, sebut Guru Besar dari FPIK UNMUL itu. Terlebih, beliau pun menghimbau dari evaluasi berbagai program akademik agar selaras dan menunjang output nya dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) serta mengharapkan adanya digital campus yang secara sistem terintegrasi.

Rapat Tinjauan Manajemen Bidang Akademik pada tahun 2023 ini menghadirkan narasumber yaitu Franova Herdiyanto, S.Kom., M.TI dari PDDIKTI, Sigit Pramudyantoro dari Provider Indosat dan Sugiyono, S.Si. Ph.D dari Universitas Jendral Soedirman. (hms/tik)

Foto : Sigit

Tanggal : 06 November 2023

Universitas Mulawarman