Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Berikan Kiat Untuk Dapatkan Bantuan Hibah Penelitian, LP2M UNMUL Gelar Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagi peneliti yang ingin mendapatkan bantuan Hibah Penelitian dari DTRPM di Lingkungan UNMUL. Adapun yang menjadi target dari kegiatan Coaching Clinic yang diprakarsai oleh LP2M tersebut adalah para dosen dari berbagai fakultas yang ada di UNMUL, kegitan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari Kamis hingga Jum'at (14-15/2/2024)

Dalam sambutannya, Ketua LP2M UNMUL, Prof. Widi Sunaryo, S.P., M.Si., Ph.D., menuturkan kepada peserta yang hadir untuk memanfaatkan  kesempatan ini dengan maksimal. “Sehingga proposal yang di ajukan ke pihak DTRPM termasuk dalam proposal yang eligible untuk mendapatkan pendanaan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu, Prof. Widi Sunaryo,  mengharapakan peserta pelatihan dapat melakukan perbaikan terhadap kasus penelitian yang di angkat setelah mengikuti Coaching Clinic.

“LP2M UNMUL melakukan kolaborasi dengan beberapa pemateri yang berasal dari universitas-universitas yang ahli di bidangnya, seperti Prof. Dr. M. Yuwono. MS.,APT (Universitas Airlangga), Prof. Dr. Muafi, S.E., M.Si., (Universitas Islam Indonesia) dan Prof. Sunardi, S.Si, M.Sc., Ph.D., (Universitas Lambung Mangkurat),” urai Guru Besar Fakultas Pertanian UNMUL tersebut.

Pemateri-pemateri tersebut menyampaikan bahwa dalam pengajuan proposal pendanaan penelitian hal pertama yang harus di berikan perhatian khusus adalah kesesuaian dengan buku panduan yang telah di berikan, serta memperhatikan detail-detail kecil yang mungkin saja dapat memberikan nilai tambah dalam proposal pendanaan penelitian yang diajukan.

Prof. Dr. Muafi, S.E., M.Si., yang merupakan satu diantara tiga reviewer dalam proposal yang diajukan oleh peneliti ke pihak DTRPM mengatakan bahwa terdapat 5 bidang fokus prioritas riset nasional yaitu Green Economy, Blue Econom, Digital Economy, Tourism dan Health Independence. “Kelima bidang tersebut, akan diberikan prioritas untuk pendanaan, sehingga diharapkan para peneliti mefokuskan kepada kelima bidang ini. Selain itu, Prof. Dr. Muafi juga meminta agar kasus atau permasalahan yang di angkat dapat memberikan dampak positif bagi mitra yang di ajak Kerjasama.

Semua pembicara dalam Coaching Clinic memberikan penekanan untuk mengangkat kasus yang berada di sekitar masyarakat, sehingga dari penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung kepada lingkungan atau masyarakat yang menjadi objek penelitian karena ini merupakan salah satu poin penilaian dalam assessment proposal bantuan Hibah DTRPM.

Penulis: Zulkifli

Editor: Sulkarnain

 

Foto: Hartanto 

Tanggal : 15 Maret 2024

Hibah Penelitian Hibah PKM unmul LP2M