Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Berawal Dari Tugas Wajib Hingga Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Torehan prestasi mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL) terus bertambah meskipun masih dalam kondisi pandemi COVID 19 yang melanda Indonesia. Terbaru, raihan juara kembali dicapai delegasi Kampus Gunung Kelua dengan menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Pekan Ilmu Politik IV (PIPOL IV) di Universitas Bangka Belitung (UBB).

“Alhamdulillah kami mendapatkan juara 2 dalam LKTIN, dalam lomba ini juara 1 diraih dari Universitas Hasanuddin dan juara 3 diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan. Penyelenggara yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (HMJ-ILPOL) yang bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Politik dan berbagai pihak. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), UBB,” terang Kasmiati salah satu anggota tim, mewakili Ketua Tim Shopia Salsabilla dan Andi Aulia sebagai anggota.

Di acara yang berlangsung secara online melalui Zoom Meeting dengan waktu pengumuman pemenang pada tanggal 22 Oktober 2020 tersebut, tim UNMUL ini mengangkat tema "Membangun Jiwa Peduli, Kritis dan Kreatif Generasi Muda Terhadap Pencarian Pemecahan Masalah Sosial Yang Terjadi di Tengah Masyarakat".

“Kami mengangkat tema ini karena percaya bahwa generasi muda memiliki potensi untuk mengurangi bahkan menuntaskan masalah-masalah sosial yang sedang terjadi. Serta yang menjadi indikator penilaian para juri adalah tiga aspek utama yaitu Abstrak KTI, Full Paper KTI, dan Presentasi KTI. Di dalam ketiga aspek utama ini juga memiliki pembagian penilaian lagi,” lanjutnya dalam sebuah tulisan yang disampaikan kepada Humas UNMUL.

Latar belakang mengikuti lomba ini secara singkat dipaparkan oleh mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis, FISIP UNMUL tersebut bermula dari tugas wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis angkatan tahun 2019 yang dipandu oleh Dosen Pembimbing yaitu Muhammad Fikry Aransyah, B.BA., M.BA dalam mata kuliah Bisnis Internasional.

“Awalnya setiap kelompok membuat dan mengirimkan abstrak KTI nya kemudian akan di seleksi, ternyata abstrak dari Tim kami dan teman Administrasi Bisnis yang lainnya sekitar sembilan Tim dari UNMUL yang lolos ke tahap satu pada seleksi abstrak, kemudian kami melanjutkan ke tahap dua yaitu full paper, bagian inilah yang paling sulit, karena kami harus membagi waktu antara kuliah dan lomba serta kami bertiga masih kurang ilmu tentang bagaimana cara membuat KTI yang baik,” serunya.

“Walaupun sudah pernah diberikan pembelajarannya namun masih kurang mendalam pembahasannya, jadi disini kami berusaha mempelajarinya melalui google, referensi KTI lain, serta dari YouTube. Kami sangat terbantu dengan adanya dosen pembimbing kami yaitu Pak Fikry sendiri, beliau yang membimbing kami dari awal (abstrak) hingga selesai pembuatan full paper KTI. Setelah itu ternyata kami lolos lagi tahap dua, sehingga kami wajib masuk ke tahap presentasi melalui platform Zoom Meeting yang di fasilitasi oleh panitia penyelenggara pada tanggal 13 Oktober lalu. Tahap Presentasi ini diikuti oleh 5 Besar Tim yang lolos full paper,” tambahnya.

Apresiasi kepada pihak Kampus juga tidak ketinggalan disampaikan, karena selalu berperan aktif untuk selalu mendorong dan mendukung mahasiswa untuk mengikuti lomba. Dirinya pun berharap, pencapaian ini bisa menjadi penyemangat mahasiswa UNMUL untuk terus mengembangkan potensi diri dan prestasi.

“Tak lupa pula ucapan syukur selalu kami panjatkan kepada Tuhan Yang maha Esa atas kemudahan dan rezeki yang diberikan-Nya. Akhir kata kami sangat berterima kasih kepada Dosen pembimbing kami yang terhormat Bapak Muhammad Fikry Aransyah B.BA, M.BA yang telah membimbing kami dari awal pembuatan KTI hingga selesai dan membawa kami mendapatkan juara, semoga kedepannya kami akan memberikan prestasi yang lebih baik lagi, terima kasih banyak atas doa dan dukungan keluarga dan teman-teman semuanya,” tutupnya. (hms/frn)

Tanggal : 25 Oktober 2020

Universitas Mulawarman