Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Bentuk Pengabdian Pada Masyarakat, FK UNMUL Gelar Webinar Series

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Webinar Series dengan topik utama sesuai dengan kondisi terkini yaitu Coronavirus Disease (COVID-19). Selain menggunakan media Platform Zoom Cloud Meeting, kegiatan pada tanggal 19, 20 dan 26 Juni ini, juga disiarkan secara Live Streaming melalui Channel Youtube Fakultas Kedokteran UNMUL.

Pada Webinar sesi pertama, Dekan FK UNMUL, dr. Hj. Ika Fikriah, M. Kes menegaskan, Webinar dengan beberapa tema ini diperuntukan untuk masyarakat umum, tenaga kesehatan dan pihak sekolah di dalam maupun di luar Kota Samarinda. Pada Webinar Sabtu, (19/06) ini sebutnya, untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan memberi masukan saat sekolah tatap muka diterapkan oleh Kemendikbud Ristek nanti.

“Tujuan dan manfaat acara dalam kesempatan hari ini adalah memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang Persiapan masuk sekolah tatap muka di masa pandemi COVID-19. Serta nantinya kegiatan serupa sesuai jadwal yang sudah ditentukan akan mengangkat tema Vaksinasi COVID-19, dan  COVID-19  pada ibu hamil. Semoga FK UNMUL dapat terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat,” sebutnya sebelum membuka acara secara resmi.

Saat penyampaian materi, tips dan trik penerapan protokol kesehatan pada anak, disampaikan oleh dr. Ahmad Wisnu Wardhana., M.Sc, Sp.A. Dipaparan awal materi, Kepala Laboratorium Ilmu Kesehatan Anak, FK UNMUL itu menayangkan situasi terkini penyebaran COVID-19 di Kota Samarinda.

Pencegahan penularan dengan melakukan social distancing tegasnya, penting untuk mencegah dan memperlambat potensi penyebaran virus COVID-19.

“Jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, hindari kerumunan serta tetap dirumah saja dalam melalukan segala aktivitas di rumah masing – masing juga mutlak dilakukan. Namun begitu, bagaimana cara agar anak mematuhi protokol kesehatan perlu diketahui dan diterapkan oleh para orang tua,” katanya. Selain itu ia pun menghimbau agar biasakan anak mencuci tangan dan memakai masker ketika beraktivitas.

dr. Ekachaeryanti Zain, Sp.KJ, melengkapi pemaparan sebelumnya. Akademisi FK UNMUL itu  menyampaikan materi berjudul Mengatasi Adiksi Gawai Anak Usia Sekolah. Pergeseran pola komunikasi dan interaksi sosial diutarakannya diakibatkan penggunaan gawai yang berlebihan dan berpengaruh pada kesehatan jiwa anak dan remaja.

“Gawai adalah kebutuhan masa kini, meski begitu penggunaan gawai perlu kontrol, karena akan ada resiko penyalahgunaan. Penggunaan berlebihan pada anak merupakan faktor pemicu atau penyebab masalah psikologis pada perasaan, pikiran, dan perilaku anak,” urainya.

Jenis adiksi gawai tambahnya, diantaranya games online, browsing informasi, dan video atau visual environment. Faktor risiko penyebab adiksi gawai adalah sosial lingkungan, biologik atau genetik, psikologik dan fisiologik.

Dari kegiatan seri pertama, Webinar akan berlanjut pada seri – seri selanjutnya yakni, vaksinasi COVID-19. Tema ini sengaja di angkat FK UNMUL dikerenakan masih banyak masyarakat yang enggan mengikuti program Pemerintah ini.

Begitu pula, COVID-19 yang dapat menyerang pada ibu hamil. Saat ini masih dilakukan penelitian untuk memahami dampak infeksi COVID-19 pada ibu hamil. Atas hal tersebut tema mengenai hal terkait menjadi penutup serangkaian Webinar Series pengabdian masyarakat FK UNMUL. (hms/frn)

 

Link Terkait:

Channel Youtube FK UNMUL

Tanggal : 26 Juni 2021

Universitas Mulawarman