Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

BEKERJASAMA DENGAN KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI SAMARINDA, ULT LAUNCHING LAYANAN PEMBUATAN PASPOR BAGI SIVITAS AKADEMIKA UNMUL

Sebagai komitmen pelayanan terhadap customer, Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman (UNMUL) menambah layanan pembuatan dan penggantian paspor, baik paspor biasa maupun e-paspor.  Layanan ini merupakan kerja sama ULT UNMUL dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda.  Ini merupakan layanan pertama yang dilakukan ULT UNMUL dengan menggandeng pihak eksternal.

Layanan pembuatan dan penggantian paspor sementara ini masih dikhususkan untuk Sivitas Akademika Universitas Mulawarman dimana layanan diperuntukkan bagi seluruh dosen dan keluarganya, staf tendik dan keluarganya serta mahasiswa. Penambahan layanan paspor ini dilakukan mengingat banyaknya Sivitas Akademika UNMUL yang melakukan aktivitas keluar negeri seperti dosen yang mengikuti konferensi, workshop maupun studi lanjut juga staf tendik yang melakukan ibadah umroh atau bepergian keluar negeri. Demikian pula dengan mahasiswa yang mengikuti kompetisi, studi ekskursi, simulasi maupun konferensi keluar negeri. Mahasiswa yang terpilih mengikuti program IISMA (Indonesia International Student Mobility Awards) juga menjadi sasaran dalam pelayanan ini. Pelayanan ini semua dilakukan di lingkungan kampus di Kantor Unit Layanan Terpadu, Gedung MPK Lantai 1, Kampus Gunung Kelua UNMUL sehingga memudahkan akses para Sivitas Akademika.

Pelayanannya sendiri di launching pada 26 Februari 2024 dengan mempersiapkan SDM dan sarana.  SDM ULT yang ditempatkan untuk melayani, sebelumnya telah dilatih di kantor imigrasi Samarinda dan kelayakan tempat juga ditinjau langsung oleh Kepala Imigrasi Kelas I TPI Samarinda Washington Saut Dompak.  Demi keluasan informasi, Kepala ULT UNMUL, Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., juga menyebarkan informasi tentang pelayanan paspor ini melalui para Dekan Fakultas, Ketua Lembaga dan Kepala Unit di Lingkungan Universitas Mulawarman.  Harapannya pelayanan ini dapat dimanfaatkan dan membantu para Sivitas Akademika UNMUL dalam pengurusan paspor yang lebih mudah. (*EF/ult/hms/zul)

Tanggal : 26 Februari 2024

Universitas Mulawarman Unit Layanan Terpadu Universitas Mulawarman Kantor Imigrasi Samarinda