Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Beasiswa Bidikmisi Kini Menjadi KIP Kuliah

Sosialisasi dan Pomosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2020

SMK N 2 Penajam Paser Utara (PPU) menjadi lokasi berikutnya yang dikunjungi Tim Universitas Mulawarman (UNMUL) saat melakukan sosialisasi dan promosi Masuk PTN Tahun 2020, Kamis(12/12). Ketua rombongan, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL Drs. La Hasan, M.Si, memaparkan proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur.

“Sama seperti tahun sebelumnya, yakni melalui jalur SNMPTN dengan kuota minimum 20%, SBMPTN dengan kuota minimum 40% dan seleksi mandiri maksimum 30%,” jelasnya.

Ia juga menginformasikan, bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah. “Jika dulu namanya beasiswa Bidikmisi, namun sekarang sudah menjadi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan ada juga Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik). Silahkan dipelajari terlebih dahulu melalui website yang tersedia dan program beasiswa ini akan diinfokan lebih lanjut oleh pusat,” imbuh Drs. La Hasan, M.Si.

Ditempat yang sama staf IT Akademik Isai Julianto Mangele, S.Kom turut mempresentasikan mengenai profil UNMUL. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai seleksi masuk PTN Tahun 2020 oleh Robby Adhitya, S.I.Kom, staf Humas UNMUL.

“Untuk tata cara pendaftaran SBMPTN, dimulai dari registrasi di portal.ltmpt.ac.id. Kemudian memilih program studi dengan ketentuan paling banyak dua prodi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN. Setelah itu mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan termasuk portofolio bagi pendaftar yang memilih prodi bidang seni dan olahraga,” ucap Robby.

“Penting juga diketahui, bagi siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020 maka akan ditolak secara otomatis oleh sistem untuk mendaftar SBMPTN 2020,” tambahnya.

Untuk diketahui, informasi resmi semua tahapan seleksi baik persyaratan maupun ketentuan pelaksanaan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 dapat diakses pada laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id atau melalui Call-Center 0804 1 450 450 dan Helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id/ serta dapat menghubungi Bagian Akademik atau Humas di Rektorat UNMUL. (hms/rob)

Prosedur pendaftaran program KIP Kuliah dan ADik  dapat melalui laman masing-masing sebagai berikut:

http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

http://adik.kemdikbud.go.id/

 

Foto : Robby Adhitya

Berita Terkait :

UNMUL Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN di Kota Samarinda

Pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 : Wajib Miliki Akun LTMPT

Di UTBK 2020 Ada Kelompok Ujian Campuran

Tanggal : 12 Desember 2019

Universitas Mulawarman