Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Bangun Karakter Pegawai, ULT UNMUL Selenggarakan Training Outbond

Birokrasi yang baik ditandai dengan pelayanan publik yang baik pula. Tentunya didukung dengan karakter dan motivasi pegawai dalam melakukan proses pelayanan. Untuk itu Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan training outbond dalam rangka pembentukan karakter hospitality service dan solid team bulding.

Terselenggara 5-6 November, kegiatan ini diikuti sebanyak 35 peserta perwakilan dari bagian front office dan back office ULT dan bidang layanan Rektorat UNMUL. Bertemakan “Pembangunan mental Pegawai ULT dan Bidang Pelayanan Rektorat Universitas Mulawarman Melalui Aktivitas Berbasis Experiental Learning”, outbond ini berlangsung di Taman Salma Shofa Samarinda.

Mendatangkan Trainer Adi Waluyo dan didampingi Co-trainer Sofyan Adhi dari Jakarta yang telah bersertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) memandu pelatihan dengan berbagai simulasi seperti Simulasi Penyamaan Persepsi Tim Terhadap Visi dan Misi Tim, Simulasi Fokus dan Kerja sama Mencapai Tujuan, Simulasi Manajemen Proses Kerja Orientasi Melayani dan Simulasi Silo Break. Diselingi dengan games yang menarik membuat kegiatan Training Outbound menjadi menyenangkan bagi peserta.

Hadir membuka acara, Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si., selaku koordinator ULT UNMUL. “Saat ini kita perlu sinergitas dan kerja sama antar semua unit di UNMUL dimana ULT menjadi pintu masuk bagi pelayanan di UNMUL yang terintegrasi. Untuk mewujudkan UNMUL sebagai kawasan bebas korupsi dengan zona integritas maka ULT akan menjadi kendaraan untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan memberikan Pelayanan Prima,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dibutuhkan kerjasama dan tim yang kompak untuk saling melengkapi karena semua unit penting dan harus ikut berkontribusi untuk dapat mewujudkan cita-cita tersebut. “Dengan motto ULT “SEMANGAT” yang merupakan kepanjangan dari Senyum, Efektif, Mudah, Amanah, Nyaman, Giat, Aspiratif, Transparansi, kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik,” imbuh Enny.

Diakhir acara sebagai bentuk keseriusan peserta untuk dapat  mewujudkan Pelayanan Prima dengan berpedoman pada karakter hospitality services dan solid team building maka dibuat pohon komitmen bersama dimana para peserta dipersilahkan untuk memberikan warna-warna pilihan untuk ditempelkan melalui jari-jari dikanvas komitmen bersama. Kanvas ini akan menjadi pengingat akan komitmen yang telah ditanda tangani melalui cap jempol/jari melalui warna pilihan sendiri. (*EF/hms/rob)

Tanggal : 08 November 2021

Universitas Mulawarman