Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Bangun Desa Menuju Kaltim Green Jadi Tema KKN UNMUL Angkatan ke 49

Serah Terima 2.643 Mahasiswa KKN

Membangun Desa Menuju Kaltim Green menjadi tema besar pelaksanaan salah satu aktivitas Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat lewat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke 49 Tahun 2023 difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman (UNMUL).

Secara simbolis dilakukan Serah Terima Mahasiswa KKN dari Rektor UNMUL ke Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) di Ruang Lecture Theatre, Gedung Prof. Masjaya (UNMUL HUB), Jl. Sambaliung No.1, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda.

Dilaporannya, Senin, (26/06), Ketua KKN UNMUL, Dr. Muhammad Arifin., M.Hum menyampaikan, proses pelaksanaan KKN tahun ini terdapat kategori reguler dan kategori tematik. “Kategori tematik terbagi menjadi kategori stunting, pariwisata dan ekonomi kreatif, UMKM, Smart Village, Kampung Iklim, Tertib Birokrasi dan KKN Mengajar. Pada tahun ini juga ada KKN Internasional,” sampainya.

Adapun Desa atau Kelurahan tujuan yang menjadi tempat implementasi KKN di Provinsi Kaltim sambungnya, adalah sebanyak 263 Desa atau Kelurahan. Sedangkan jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN angkatan ini yakni 2.185 untuk KKN Reguler, KKN Tematik ada 454 orang serta 4 orang KKN Internasional.

“Dengan demikian total keseluruhan mahasiswa KKN UNMUL angkatan 49 sebanyak 2.643 mahasiswa yang akan kami berangkatkan ke tujuan pengabdiannya masing – masing,” jelasnya.

Mewakili Ketua LP2M UNMUL, Dr. Ike Anggraeni G., S.KM., M.Kes memaparkan, diacara serah terima ini dilaksanakan dan dihadiri peserta dengan konsep offline dan online atau secara hybrid yang diikuti oleh para perangkat daerah hingga desa tempat tujuan KKN melalui ruang online.

Ia berharap agar semangat pengabdian pada masyarakat dari sivitas akademika UNMUL dapat terus tumbuh dengan memberikan manfaat sebesar – besarnya kepada masyarakat dengan didampingi para dosen pendamping lapangan.

“Kami menginginkan para adik – adik mahasiswa sekalian dapat menginisiasi program – program yang nantinya bisa dikembangkan dan terus bertahan di masyarakat meskipun kegiatan KKN telah berakhir nantinya. Jagalah nama baik almamater dan jaga kesehatan juga keselamatan. Selamat melakukan pengabdian kepada masyarakat,” harapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo., M.Si berpesan, KKN merupakan aktivitas kebajikan atau darma yang mana sesuai dengan slogan UNMUL dimana akan selalu menebar darma di Bumi Mulawarman. “Hari ini kita akan menerapkan darma kita yang sebenar – benarnya dari para mahasiswa yang mengikuti KKN ini,” ujarnya.

Kegiatan ini dikemukakannya merupakan bagian dari aktivitas belajar mengajar. Tidak hanya teori, namun juga pembelajaran berkehidupan. Di tengah masyarakat lah ungkapnya akan melaksanakan kegiatan berkehidupan untuk menerapkan ilmu – ilmu yang telah diterima di Kampus.

“Untuk menyelesaikan berbagai persoalan di desa sesuai dengan tema kali ini yaitu Membangun Desa Menuju Kaltim Green. Tentunya dengan tema ini, program Kaltim Green wajib ada dalam setiap kelompok dengan memperhatikan kearifan lokal dan kondisi masing – masing wilayah kalian berada,” pesannya.

Pada saatnya nanti, kehadiran mahasiswa UNMUL di Desa melalui pemberdayaan masyarakat diwujudjan dengan kemampuan mahasiswa yang mampu berkolaborasi secara transdisipliner juga dapat meyelesaikan permasalahan lokal untuk diangkat sejajar dalam kompetisi global.

Prosesi serah terima KKN UNMUL angkatan 49 ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan KKN 49 antara Rektor dan Gubernur Kaltim. Dilanjutkan serah terima simbolis Mahasiswa KKN perwakilan 10 Kabupaten/Kota.

Diakhiri penyerahan simbolis BPJS Ketenagakerjaan ke Rektor UNMUL. Hadir dikesempatan ini perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kaltim. (hms/frn)

Foto: Hartanto

 

Tanggal : 26 Juni 2023

Universitas Mulawarman