Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

AFI: Ingin UNMUL Jadi Universitas Kelas Dunia

Di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat, Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak (AFI), M.M., M.Si menyatakan keinginan dan harapannya agar Universitas Mulawarman (UNMUL) dalam beberapa tahun mendatang dapat menjadi Universitas berskala internasional. Pernyataan tersebut dilontarkan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) periode 2008 hingga 2018 itu dalam sebuah Diskusi Bersama Civitas Akademika, Rabu, (15/01).

Bertema “Peran DPR RI dalam Penguatan Riset dan Inovasi di UNMUL” anggota DPR RI Komisi VII itu di awal pemaparannya menyampaikan, ke depan UNMUL bisa setara dengan Perguruan Tinggi di beberapa Negara Asia Tenggara lainnya.

“Kita harus merencanakan dengan baik dengan dukungan infrastrukur, program jangka panjang juga mutlak diperlukan untuk mewujudkan hal itu. Saat saya menjadi Dekan di UNMUL dulu, beberapa inovasi telah dilakukan salah satunya menyekolahkan para dosen ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan beberapa komitmen diantaranya setelah selesai menyelesaikan studinya wajib kembali ke UNMUL sebagai pengajar,” kenangnya.

Bersama para Dekan, Ketua Lembaga dan UPT, Kepala Bagian serta Kepala Sub Bagian terkait yang hadir dalam kesempatan ini, mantan Pembantu Rektor III UNMUL itu turut pula membahas kesiapan Kaltim sebagai lokasi pemindahan Ibukota Negara.

Kesiapan dan dukungan pemerintah daerah terhadap rencana pemindahan ibukota negara pada aspek sosial dan ekonomi sebutnya, akan berdampak spesifik terhadap ekonomi masyarakat Kaltim diantaranya terjadi peningkatan produksi, konsumsi, distribusi barang/jasa, sekaligus terbukanya lapangan pekerjaan.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat UNMUL, Dr. Bohari Yusuf., M.Si sebagai moderator diskusi yang juga dalam kapasitasnya mewakili Rektor dalam pertemuan ini mengapresiasi kehadiran tokoh Kaltim tersebut.  

“Hari ini kita mendapatkan kehormatan karena berkesempatan bisa berdiskusi dan melalui kegiatan ini beliau dapat menampung aspirasi warga kampus sehingga disampaikan dalam peran beliau sebagai anggota DPR RI. Manfaatkanlah kesempatan ini guna menyampaikan harapan kita semua sebagai pengelola universitas agar bisa ditampung di DPR RI sebagai Lembaga politik di negara kita ini,” tuturnya. (hms/frn)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 15 Januari 2020

Universitas Mulawarman