Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images

Universitas Mulawarman

Adelaide University Australia ke UNMUL, Perkokoh Kerja Sama dan Pengembangan Riset

Universitas Mulawarman (UNMUL), menerima kunjungan dari Adelaide University Australia, tujuan kunjungan adalah untuk menindak lanjuti  mengenai kerja sama antara UNMUL dengan Adelaide University yang telah berlangsung beberapa tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat 1 Lantai 3 Rektorat UNMUL pada Jumat (19/04/2024).

Kunjungan yang dilakukan oleh Adelaide University merupakan sebuah kunjungan balasan kepada UNMUL, karena sebelumnya Rektor UNMUL telah melakukan kunjungan ke Adelaide University untuk membangun kerja sama. Selain kunjungan balasan, Adelaide University juga bermaksud untuk menindak lanjuti agenda kerjasama yang telah disepakati di Adelaide University Australia. 

Pertemuan ini dihadiri oleh para Dekan dan Wakil Dekan 1, karena terkait dengan bidang akademik, yang juga turut terlibat dalam diskusi dengan pihak Adelaide University sesuai dengan rumpun ilmu masing-masing.

Dalam kunjungan Adelaide University di UNMUL menghadirkan enam delegasi diantaranya yaitu; Prof. Jessica Gallagher selaku Deputi Wakil Rektor dan Wakil Presiden Bidang Kerja sama/Urusan Eksternal, Prof. David Lewis, selaku Dekan Eksekutif Fakultas Sains, Teknik dan Teknologi, Prof. Philippa Rasmussen, sebagai Wakil Dekan (Internasional) Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran, Prof. Mathew White, sebagai Wakil Dekan (Internasional) Fakultas Seni, Bisnis, Hukum dan Ekonomi, Victoria Brick sebagai Direktur Eksekutif, bidang Kerja Sama Global, dan Lori Hocking sebagai Direktur Eksekutif bidang Transformasi Pendidikan. 

Dalam sambutannya, Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., mengatakan kolaborasi ini adalah untuk membangun kesempatan kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian yang inovatif dan dapat memberikan dampak bagi global. Sehingga diperlukan adanya pertukaran antar fakultas dan membagikan pengalaman mengajar dan belajar antara dosen dan mahasiswa. 

”UNMUL telah memiliki kerja sama untuk program double degree dalam program Bahasa Inggris, program pertukaran pelajar, profesional program for lecture, dan termasuk guru-guru dari Kalimantan Timur (Kaltim) juga dikirim ke Adelaide University untuk belajar dan meningkatkan keprofesionalannya,” ungkap Prof. Lambang.

Perlu di ketahui bahwa saat ini UNMUL sedang menuju world class university, dan untuk mewujudkan hal tersebut perlu untuk menjalin kolaborasi dengan universitas-universitas terbaik di dunia, dan Adelaide University masuk dalam 100 besar Universitas terbaik di dunia.

Menutup sambutannya, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., menuturkan bahwa meskipun kerja sama dengan Adelaide University masih sebatas sektor Pendidikan, Teknik dan Kesehatan namun ada kemungkinan di masa mendatang akan berkolaborasi dalam bidang ilmu sosial politik karena ada perwakilan dari tingkat Universitas yang turut hadir dalam pertemuan ini.

Sementara, Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Irman Irawan, S.Pi., M.P., M.Sc., Ph.D., menjelaskan bahwa Adelaide University melihat UNMUL memiliki potensi yang besar terhadap pengembangan Ibu Kota baru, dan melalui adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk akan menjadi pusat pengembangan dimasa mendatang.

Pihak Adelaide University juga tertarik untuk bekerja sama dengan UNMUL untuk mengkaji obat-obat tradisional, pengembangan kesehatan dalam bidang kemasyarakatan. Dan pihak Adelaide telah menawarkan untuk bekerja sama dengan UNMUL untuk melakukan penelitian terhadap isu-isu tersebut.

Prof. David Lewis juga turut memberikan kata pembuka untuk pertemuan dengan UNMUL, dimana dia mengatakan bahwa UNMUL dan Adelaide University telah memiliki sejarah kerja sama bertahun-tahun, dan Adelaide juga memiliki sejarah dan pengalaman yang panjang dalam bidang pendidikan dan penelitian di tingkat global.  

Adelaide University sangat tertarik untuk terus mencari kerja sama dan dari pertemuan ini kami berharap tidak hanya melanjutkan kerjasama yang ada akan tetapi kami masih terus mencari kemungkinan untuk bekerja sama dalam bidang lain, sehingga Adelaide University dan UNMUL dapat memperpanjang hubungan di antara keduanya. 

Dalam pertemuan ini  Prof. David Lewis memberikan kesempatan kepada koleganya untuk memperkenalkan diri dan menceritakan mengenai fakultas dan keahlian yang dimiliki oleh fakultasnya. Dimana mayoritas mengatakan bahwa dari kerja sama yang dilakukan dengan UNMUL sangat memberikan keuntungan yang besar di tingkat wilayah, terutama dalam bidang pendidikan. 

Selain itu, Victoria Bick selaku Direktur Eksekutif, bidang Kerja Sama Global, berharap kerja sama antara Adelaide University dan UNMUL bisa terus terjalin di masa mendatang. Dan Prof. Mathew White mengungkapkan terima kasihnya kepada UNMUL karena telah mengirimkan mahasiswanya ke Adelaide University.

 

Penulis: Zulkifli

Editor  : Sulkarnain

Foto     : Mursyid

Tanggal : 19 April 2024

Australia UNMUL Adelaide University