Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

28 Mahasiswa Dari Tujuh Negara Rampung Ikuti Summer School di UNMUL

Serangkaian aktivitas akademik hingga ekskursi yang dikemas dalam International Summer School Program tahun 2023 rampung dilakukan Universitas Mulawarman (UNMUL) sebagai tuan rumah pelaksana melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional (LI). 

Sebelumnya, UPT LI UNMUL bekerja sama dengan Borneo Scientific Network (BSN) telah melaksanakan kegiatan International Summer School Program 2023 - Borneo Youth Leadership Camp (BYLC) selama dua minggu, yakni pada tanggal 17 – 29 Juli 2023 lalu. 

28 mahasiswa dari tujuh negara dan 12 Perguruan Tinggi dalam hingga luar negeri tersebut, Sabtu, (29/07) mengikuti Closing Ceremony and Award Announcement yang digelar di Ruang Lecture Theater, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si, Jalan Sambaliung, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda.

Ketujuh negara asal Benua Asia dan Afrika itu adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Afghanistan, Pakistan, Tanzania dan Indonesia.

Sementara, 12 Perguruan Tinggi yang terlibat di program internasional ini yaitu, Universiti Brunei Darussalam, Kolej University Perguruan Ugama Seri Begawan, Brunei Darussalam, Universitas Islam International Indonesia, University Putra Malaysia, Universitas Hasanuddin, King Mongkut's University Of Technology Thonburi, Thailand, Sripatum University, Thailand, Unversitas Borneo Tarakan, Universitas Balikpapan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Ketua Panitia International Summer School Program tahun 2023, Dr. RR. Dirgarini Julia Nurlianti S., S.Si., M.Sc di sambutannya menyampaikan, BYLC telah disiapkan selama beberapa bulan. “Dari beberapa pelamar yang masuk, keputusan kami untuk memilih anda adalah pilihan yang tepat karena selama hampir dua minggu kegiatan ini, kami melihat anda sekalian sangat antusias dan aktif mengikuti semua kegiatan," tuturnya dalam Bahasa Inggris.

“Kami berharap bahwa dengan bergabung disini, anda akan mendapatkan banyak manfaat, pengetahuan baru dan memiliki kenangan menyenangkan untuk dibawa pulang. Atas nama panitia saya mengucapkan banyak terima kasih kebersamaan selama ini dan mohon maaf jika ada hal - hal yang kurang berkenan selama aktivitas ini. Percayalah, kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anda,” tambahnya.

Sulistyo Prabowo, S.T.P., M.P., MPH., Ph.D sebagai Kepala UPT LI UNMUL menyatakan, International Summer School Program yang rutin setiap tahun dilaksanakan di UNMUL menunjukan progres signifikan dilihat salah satunya dari ketertarikan mahasiswa asing yang mengikuti.

“Tujuan utama kita memberikan peluang inbound student mobility mahasiswa asing ke UNMUL. Karena akan memberikan capaian yang bagus pula bagi indikator kinerja utama UNMUL dengan mendatangkan mahasiswa asing,” jelasnya usai acara Closing Ceremony.

Di dua pekan kehadiran mahasiswa pada program ini, peserta telah mempelajari tentang wisata alam dan berbagai ilmu akademik dari beberapa bidang diantaranya Biologi, Pertanian, Kehutanan, Fisika, Kesehatan Masyarakat, dan lainnya.

UNMUL pun memfasilitasi peserta dengan beberapa kegiatan outdoor activities, seperti kunjungan wisata ke sawah Betapus, Kampung Kopi Luwak, Desa Pampang, Hutan Mangrove, Bukit Bengkirai, Museum Mulawarman, Ladaya, dan beberapa tempat wisata lainnya. “Selain itu, peserta juga diundang untuk mengikuti beberapa materi perkuliahan dan kegiatan laboratorium di beberapa Fakultas yang ada di UNMUL,” terangnya.

Ke depan diinginkannya, program ini terus berjalan bahkan dikembangkan pada setiap Fakultas yang mempunyai program sejenis. Tentunya UPT LI juga akan memberikan pendampingan dengan melibatkan para mahasiswa.

Visi UNMUL menjadi World Class University harapnya, dapat diaplikasikan salah satunya melalui kegiatan seperti ini. Begitu pula lewat program internasionalisasi dari sisi internal maupun eksternal yang meliputi sistem, standar operasional prosedur hingga sumber daya manusia yang harus terus dilakukan. (hms/frn)   

 

Foto: Hartanto  

 

Link Terkait:

Rektor: Kegiatan Internasional Seperti Ini, Memberikan Informasi yang Luas Tentang Program Internasional yang ada di UNMUL

Unmul Tuan Rumah Borneo Youth Leadership Camp 2023

Unmul Gelar Internasional Summer School, Diikuti 28 Mahasiswa Asing dari 6 Negara Asia Afrika

Unmul Gelar Internasional Summer School, Diikuti Peserta dari Enam Negara

 

Tanggal : 29 Juli 2023

Universitas Mulawarman