Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

200 Guru di Kaltim Bergerak Lakukan Perubahan Pembelajaran

Sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) mitra Tanoto Foundation, Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui para Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memfasilitasi Pelatihan Modul 1 Pembelajaran Aktif, Manajemen Berbasis Sekolah, dan Literasi bagi 200 Guru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pelatihan digelar pada tanggal 22 hingga 28 November 2020 lalu.

Abdul Gani, salah satu Guru dari SMA Negeri 1 Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara yang mengikuti pelatihan ini mengungkapkan rasa antusiasnya karena telah menerapkan modul tersebut di Sekolahnya.

“Kesannya sangat menyenangkan dan menambah semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Terutama saat materi tentang Literasi. Di sekolah kami Literasi adalah hal yang sangat digiatkan. Apalagi sebagai sekolah rujukan nasional, sangat terfasilitasi dan termotivasi untuk mengimbaskannya ke sekolah sekitar,” ungkap Gani.

Di SMA Negeri 1 Kota Bangun tambahnya, saat ini sudah diadakan lomba pojok baca dan menulis cerpen. Setiap bulannya, siswa harus menyetorkan laporan kegiatan membaca. Apa yang telah dilakukan sekolah bersambut baik dengan modul 1 Tanoto Foundation.

“Pada awalnya para Guru kesulitan beradaptasi dengan pola pembelajaran aktif, namun setelah 2 unit berlalu, para guru terbiasa dengan modul tersebut. Antusiasme para guru membuat saya senang sebagai fasilitator, apalagi tidak satu, tetapi banyak yang mau menerapkan di sekolah masing-masing,” ungkap Christie Stephanie Piar, Fasilitas Dosen Tanoto Foundation dari FKIP UNMUL.

Affan Surya, Koordinator Provinsi Tanoto Foundation dalam kesempatan ini berpendapat bahwa dengan adanya pelatihan modul 1, diharapkan ada perubahan secara fundamental di Sekolah. Dengan demikian menurutnya, harus ada sinergitas antara Kepala Sekolah dan Guru dalam penerapan pembelajaran di Sekolah, agar peningkatan kualitas sekolah terjadi merata secara keseluruhan. (shnt/tf/hms/frn)

Tanggal : 01 Desember 2020

Universitas Mulawarman