Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images Images

Universitas Mulawarman

20 Mahasiswa UNMUL Ikuti Try-Out ONMIPA

Pelaksanaan Pembukaan Technical Meeting dan Try-Out ONMIPA-PT 2024 dilakukan pada hari Kamis (18/4) pukul 13.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh Dr. Maria Veronika Irene Herdjiono, S.E., M.Si., selaku Kepala Pusat SSI Nasional dan Plt Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Farah Fitriana, S.Si., selaku Ketua Tim Kerja Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan operator perguruan tinggi se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan daring melalui Zoom dan siaran langsung di YouTube. 


Pembukaan Technical Meeting dan Try-Out ONMIPA-PT 2024 dibuka oleh Ibu Farah Fitriana, S.Si., selaku Ketua Tim Kerja Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Acara tersebut dimulai dengan penyampaian laporan kegiatan dan berakhir dengan pembukaan. 


"Jumlah peserta yang mendaftar ONMIPA tahun 2024 sebanyak 3.887 mahasiswa dari 313 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya pada penyampaian laporan kegiatan. 


Pelaksanaan ONMIPA terbagi ke dalam empat bidang pengetahuan alam, yakni Fisika, Kimia, Biogi, dan Matematika. 


"Jumlah pendaftar ONMIPA bidang Fisika adalah 318 peserta, bidang Kimia 818 peserta, Biologi sebanyak 1.056 peserta, dan yang terbanyak dari bidang Matematika sebanyak 1.200 peserta," tambahnya lebih spesifik. 


ONMIPA yang akan diselenggarakan adalah tingkat wilayah I terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke tingkat nasional. Ucapan terima kasih pun disampaikan, terutama kepada Universitas Hasanuddin yang menjadi tuan rumah dari ONMIPA tahun ini. 


Meskipun tingkat wilayah I terlebih dahulu, Farah mengingatkan pentingnya menjaga semangat, supportivitas, dan kejujuran dalam rangka meraih prestasi yang gemilang. Selain itu, semangat kebersamaan kolaborasi harus menjadi roh dalam setiap langkah pelaksanaan ONMIPA. 


"Harapannya, melalui technical meeting ini, para peserta akan mendapatkan info yang valid, kejelasan petunjuk pelaksanaan ONMIPA tahun 2024, terlibat aktif dengan bertanya dan berdiskusi, termasuk sistem yang digunakan,” ujarnya dalam Zoom hari Kamis, (18/04/2024).

Kegiatan try-out ONMIPA ini berlangsung selama 2 hari, Kamis hingga Jumat (18-19/04/2024). Delegasi dari UNMUL yang ikut serta dalam try-out ONMIPA tingkat wilayah sebanyak 20 mahasiswa.


Penulis : Raisha Azzahro

Editor   : Sulkarnain

Foto      : Hartanto

Tanggal : 18 April 2024

BPTI Puspresnas Kemendikbudristek ONMIPA UNMUL TryOut