Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

2.346 Mahasiswa UNMUL Lakukan Pengabdian Masyarakat

Tanggal 1 Juli hingga 20 Agustus tahun 2019 merupakan waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL) angkatan 45. Sebanyak 2.346 mahasiswa dari kampus berakreditasi A ini siap mengimplementasikan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat dengan sasaran Desa dan Instansi Pemerintah di seluruh wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) bahkan luar negeri.

Bertema "Peningkatan Peranan Universitas Mulawarman Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kemandirian Desa", Serah Terima KKN tahun 2019 dilakukan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, Senin, (01/06) oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, IPU kepada kalangan Pemerintahan diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Drs. Moh Jauhar Efendi., M.Si. Serta, perwakilan DMP tingkat Kota dan Kabupaten.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNMUL, Prof. Dr. Susilo., M.Pd mengemukakan,  Sejak tahun 2018, sistem pengeloaan KKN di UNMUL telah dilakukan secara online dan terintegrasi di web kkn.unmul.ac.id. Sementara itu jelasnya, penempatan mahasiswa KKN di 10 Kabupaten/Kota di Kaltim diawali dengan kegiatan rapat koordinasi yang dilakukan di BPMPD Provinsi Kaltim awal bulan Maret bersama perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota, untuk menentukan desa tujuan KKN serta berbagai program yang akan dikembangkan di tempat tujuan KKN Mahasiswa.

“Peserta KKN tahun ini berjumlah 2.346 orang yang ditempatkan di 365 desa, 83 kecamatan, 10 kabupaten. Sedangkan jumlah mahasiswa KKN yang bermitra dengan Kementerian Sosial RI melalui Program Desa Sejahtera Mandiri (DSM) ada 57 orang, KKN Mitra Astra internasional ada 95 orang, KKN Internasional di Thailand  9 orang dan KKN Kebangsaan yang bermitra dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebanyak 5 orang,” katanya.

Melalui kegiatan KKN tuturnya, UNMUL mencoba mengoptimalkan pengembangan desa dengan penekanan pada potensi yang dimiliki.  “Perlu diketahui, beberapa kegiatan mahasiswa KKN UNMUL diantaranya pengembangan Desa Pelangi di Manunggal Daya, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pengembangan desa sebagai Sentra Perikanan di Babulu Laut, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pengembangan desa Ekowisata di Manunggal Jaya, Kukar serta pengembangan Desa Wisata di Linggang Mapan, Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

 

Foto: Hartanto

 

Tanggal : 03 Juli 2019

Universitas Mulawarman