SEMINAR NASIONAL JURNALISTIK


Rayakan 10 Tahun, LPM Sketsa Unmul Adakan Seminar Jurnalistik Nasional

SKETSA - Memperingati 10 tahun berdirinya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sketsa Unmul, Sketsa menggelar agenda besar bertajuk Selebrasi Sketsa Satu Dekade alias S3D. Ada berbagai perlombaan menarik yang bisa diikuti mahasiswa se-Indonesia. Total ada lima yang dilombakan, yakni Esai, Poster, Fotografi, Film Pendek, dan Surat untuk Rektor. Lomba-lomba tersebut dibuka sejak 25 April hingga 17 Mei 2017.

Selain lomba, Sketsa juga menggelar Seminar Jurnalistik Nasional, bertemakan "Inspirasi Karya Jurnalistik". Seminar ini menghadirkan dua pemateri, yang masing-masing telah berpengalaman di bidang jurnalistik, serta telah menetaskan karyanya dalam bentuk buku. Yakni, Hasan Aspahani penulis buku biografi Chairil Anwar, berjudul "Chairil: Sebuah Biografi". Selain, buku biografi tersebut Hasan juga menghasilkan berbagai buku puisi.

Bahkan, salah satu karyanya yang berjudul Pena Sudah Diangkat, Kertas Sudah Mengering (PSDKSM) terpilih sebagai yang terbaik pada sayembara buku puisi sempena Hari Puisi Indonesia 2016 lalu. Karyanya itu, menyisihkan 244 buku puisi yang terkumpul. Pemateri yang satu ini juga Direktur Utama PT Batam Pos Multimedia. Asal tahu saja, Hasan juga merupakan putra asli Kaltim, lahir di Handil Baru, Samboja pada 9 Maret 1971 lalu.

Pemateri kedua, yakni Syafril Teha Noer, merupakan wartawan senior yang kini sebagai Dewan Redaksi Kaltim Post. Tak hanya Hasan, Syafril juga melahirkan karya berjudul "Rimba Kaban" sebuah novel yang ia tulis dan terbit 2010 lalu, serta "Rakyat Dapat Apa?" terbit pada Desember 2013. Dalam bukunya yang satu itu berisi kumpulan opini kolumnis senior harian Kaltim Post.

Selain akrab di bidang jurnalis, Syafril juga budayawan dan saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kaltim. Dua pemateri di atas akan mengisi materi inspiratif dan bernilai edukatif. Tentunya, demi memotivasi agar giat dalam kegiatan jurnalis.

Seperti kutipan dari Pramoedya Ananta Toer yang membekas hingga kini, "Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari."

Maka jangan lewatkan kesempatan bertemu dua pemateri ini, pada Sabtu 20 Mei 2017 di Aula Serbaguna, Lantai 4, Rektorat Unmul. Dan di hari dan tempat yang sama, kabar pemenang lomba S3D akan diumumkan. Jadi, pastikan dirimu hadir!

Inspirasi bisa datang dari mana saja, tapi jalan mana yang akan kau tempuh? (fir/jdj)

Daftar? Caranya melalui SMS/WA dengan format: SJ_Nama_Universitas/Umum

Kirim  ke: 082154250194 (Ariani)

 

Bagi peserta di luar Kota Samarinda, bisa transfer biaya pendaftaran via rekening Bank Mandiri a.n. Achmad Syarif 9000018585241

More info:

Line @: https://line.me/R/ti/p/%40sev9744k

FB: LPM Sketsa Unmul

Twitter & IG: Sketsaunmul

 

-Semangat Berbagi dan Menginspirasi-


Kegiatan Lainnya