UNMUL Launching Website Bina UMKM


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerja sama dengan PT Gojek Indonesia dan Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi melaunching website bina UMKM yang merupakan wadah bagi para penggiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Launching website bina UMKM tersebut dilaksanakan di Auditorium UNMUL, Kamis (23/12/2021).

Dalam laporannya Ketua LP2M UNMUL yang juga Ketua Tim Program Kedai Reka UNMUL dan Gojek, Anton Rahmadi, S.TP., M.Sc., Ph.D menjelaskan kegiatan pada hari ini sebenarnya merupakan puncak dari proses pendampingan UMKM yang dilakukan oleh LP2M UNMUL, sejak tahun 2019. “Jadi tahun 2020 kami mendapatkan pendanaan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan tahun 2021 mendapat tambahan lagi dari BSI lewat Pak Agus. Dalam Program Kedaulatan Indonesia Dalam Reka Citra kerja sama dengan PT. Karya Anak Bangsa ini yang terbesar yang pernah kita garap. Terima kasih atas kepercayaannya Gojek Indonesia kita mengharapkan 250 UMKM, 23 diantaranya yang terbaik untuk mengikuti pameran,” tuturnya.

Lebih lanjut, Anton Rahmadi, Ph.D menambahkan, dari ratusan UMKM yang kami bina, dari 250 UMKM ini sudah kami masukkan ke dalam website sebanyak 150-an yang kita masukkan dalam website secara bertahap. “Kita akan melakukan pembinaan kepada UMKM bagaimana bisa mengisi persyaratan dokumen ketika mengurus perizinan dan membina di masyarakat. Sehingga UMKM dapat mandiri bila nantinya memperoleh bantuan program dari pihak terkait,” bebernya.

Sementara, Rektor UNMUL yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono mengungkapkan pada hari ini kita melaksanakan launching website Bina UMKM UNMUL. “Tentu hari ini merupakan hari yang sangat berbahagia, setelah dua tahun berupaya keras untuk mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat. Perguruan Tinggi termasuk UNMUL memiliki apa yang disebut dengan Tri Dharma, yang pertama pendidikan dan pengajaran, yang kedua penelitian dan yang ketiga pengabdian kepada masyarakat,” urai Prof. Agung.

“Alhamdulillah program kegiatan pengabdian kepada masyarakat mampu dikembangkan dan secara kebutuhan juga dimulainya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana Kedai Reka kependakan dari Kedaulatan Indonesia untuk Reka Karya. Ini memberikan peluang besar untuk melakukan kerja sama kolaborasi dunia kampus dengan dunia industri memberikan kontribusi  yang nyata dalam rangka mencoba memberikan inovasi kepada pelaku UMKM yaitu digitalisasi usaha,” tegas Prof. Agung.   

 

Kegiatan ini dihadiri para Mitra UNMUL yaitu PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Manager Bank Syariah Indonesia, Pemerintah Kota Samarinda yang diwakili Staf Ahli Ekonomi Pemerintah Kota Samarinda dan seluruh OPD serta DJP Kaltim, Para Pejabat di lingkungan UNMUL serta para dosen, para mahasiswa dan para UMKM.(hms/zul

Foto: Hartanto   

Published Date : 23/12/2021 23:15:00