UNMUL Laksanakan Silaturahmi Orang Tua/Wali Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021 Secara Hybrid


Pada hari ini kita hadir bersama dalam rangka membangun silaturahmi, menguatkan komitmen komunikasi untuk mewujudkan impian bersama, impian para orang tua mahasiswa, terlebih juga impian para pendidik, dosen dan tenaga kependidikan di Lingkungan UNMUL. Impian yang harus kita lakukan seperti meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat mendidik anak-anak kita yang alhamdulillah itu Insya Allah akan kita laksanakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dalam rangka kegiatan UNMUL Silaturahmi dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021, Sabtu (11/9/2021) yang bertemakan “Memperkokoh Sinergi Dalam Memerdekakan Studi Di Masa Pandemi”.

Pertemuan kita hari ini, kata Prof. Masjaya, adalah mencoba menguatkan komitmen bersama dalam rangka mencapai impian bersama, kami tahu betul bahwa harapan orang tua menitipkan anaknya di Universitas Mulawarman. Tentu tidak lain dan tidak bukan tujuan dari pertemuan hari ini yaitu bagaimana anaknya bisa mendapatkan pengetahuan yang maksimal dan bisa selesai tepat waktu,” urainya Prof. Masjaya.

Lebih lanjut, Rektor menuturkan, oleh karena itu, untuk menuju harapan tersebut memang tidak boleh berdiri sendiri dan tidak bisa hanya dilakukan oleh para dosen, tidak bisa hanya dilakukan oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Program Studi dan Para Dosen. Tapi perlu kita melibatkan semua komponen secara khusus orang tua mahasiswa yang hadir pada saat ini maupun yang belum sempat bergabung. Ini semakin perlu karena kondisi saat ini yang mengharuskan anak-anak kita tidak bisa kita dorong dan tidak bisa kita lakukan pertemuan secara luring di kampus,” tegasnya.

Karena kondisi inilah, kata Rektor, mengharuskan kita berinovasi, melakukan aktivitas diluar yang biasa, yaitu kuliah lewat daring. “Tentu ini tidak bisa maksimal terlebih tidak akan mampu mencapai tujuan secara optimal kalau kita semua tidak terlibat secara khusus orang tua yang ada masing-masing ditempat. Esensinya pertemuan hari ini bahwa peran orang tua pada kondisi pandemi sekarang ini tentu sangat penting dan sangat menentukan proses berlangsungnya belajar-mengajar yang terjadi pada saat ini. Selaku Rektor berinisiasi mencoba menyentuh kita semua, mengingatkan kita semua bahwa tujuan yang saya sampaikan di awal tentu akan mudah kita capai dan kita akan bersyukur dan berterima kasih karena capaian itu akibat kerja sama kita semua,” tutur Prof. Masjaya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dalam laporannya menyampaikan bahwa acara silaturahmi orang tua/wali mahasiswa ini sebenarnya selalu kita laksanakan sebagai tradisi sejak 5 tahun yang lalu. “Tapi tahun yang lalu akibat pandemi Covid-19, maka acara pertemuan orang tua/wali mahasiswa baru tidak dapat kita laksanakan. Atas arahan dari Bapak Rektor untuk tahun ini kita coba untuk laksanakan meskipun harus dilakukan secara hybrid yaitu sebagian besar mengikuti acara ini melalui secara online. Acara ini memang sangat penting karena ini suatu media dalam rangka memperkenalkan UNMUL khususnya kepada para orang tua/ wali mahasiswa terkait dengan segala sesuatu, terkait dengan struktural, pengajar maupun segala fasilitas yang bisa diperoleh oleh para mahasiswa selama studi di UNMUL,” jelas Prof. Agung.

Mengenai sistem mengajar di UNMUL, lanjut Guru Besar Fakultas Kehutanan tersebut, yaitu tentu saja memberi kesempatan kepada orang tua/wali mahasiswa untuk mempertanyakan, untuk meminta klarifikasi terhadap hal-hal yang mungkin dibutuhkan selama putra-putrinya belajar di UNMUL. “Perlu dilaksanakan dalam rangka menyampaikan yang mungkin hal-hal yang perlu dipahami dan diketahui oleh para orang tua/wali terkait dengan berbagai kebijakan yang muncul pada saat studi dilaksanakan. Sebagai contoh pada 2 tahun terakhir ini kita mengalami pandemi Covid-19 yang kita tidak semua tahu kapan akan berakhir. Yang kedua adalah kebijakan nasional dalam rangka melaksanakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring juga dihadiri Ketua Senat, Para Wakil Rektor UNMUL, Wakil Rektor II UINSI Samarinda, Para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua SPI, Sekretaris Senat, Anggota Senat, Para Ketua Lembaga, Para Wakil Direktur Pascasarjana, Para Wakil Dekan I, II dan III, Para Sekretaris Lembaga dan Seluruh Sivitas Akademika UNMUL, Para Orang tua/wali Mahasiswa UNMUL Angkatan tahun 2020 dan 2021. (hms/zul)

Screen Shoot  : Rizki Ayunda Pratiwi

Foto                 : Hartanto

Published Date : 12/09/2021 14:15:00