UNMUL Gelar Sosialisasi Sistem Naskah Dinas Elektronik


Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Bagian Tata Usaha dan HTL melaksanakan Sosialisasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE), Sabtu (13/11/2021). Melalui aplikasi SINDE itu akan memberikan pelayanan sehingga tentu didalam aplikasi SINDE ini, didalam tata kelola dinas persuratan elektronik tentu akan memberikan nilai tambah, bagaimana kita dapat memfungsikan informasi tersebut baik produk ataupun dokumen hukum lainnya keseluruh Lingkungan UNMUL ini bisa dilakukan secara mudah, cepat dan tentu secara akurat.

“Tentu ini sebagai upaya kita dalam implementasi program reformasi birokrasi di UNMUL dalam meningkatkan pelayanan termasuk dalam hal ini adalah bagaimana kita meningkatkan pengelolaan informasi tertulis untuk tata kelola naskah dinas secara elektronik. Dan tentu dengan hadirnya narasumber kita yang sangat kompetensi dalam baik Pak An Nuha, Ibu Gita maupun Bapak Lucky akan memberikan pengetahuan bagaimana mengelola naskah dinas ini secara elektronik yang sudah dilakukan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mudah-mudahan ouput dari kegiatan ini akan kita tindaklanjuti dengan mengimplementasikannya di Lingkungan UNMUL,” kata Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si dalam sambutannya.

Tentu kita juga, lanjut Dr. Abdunnur, punya upaya bagaimana menyebarluaskan, meningkatkan pemahaman terkait dengan naskah dinas persuratan ini secara elektronik kepada semua unit kerja ataupun fakultas di lingkungan UNMUL, baik untuk pimpinan maupun kepada seluruh staf pendukung terkait dengan tata kelola naskah dinas persuratan di UNMUL. “Oleh karenanya, saya harapkan melalui Koordinator Bagian Umum dan HTL serta Sub Koordinator TU dan Sub Koordinator HTL dapat memfollow up kegiatan ini untuk dapat di selenggarakan kegiatan-kegiatan sosialisasi kepada seluruh unit kerja yang di Lingkungan UNMUL. Sehingga semua tentu bisa mendapatkan informasi, pengetahuan dan semua dapat mengimplementasikan di seluruh unit kerja di UNMUL,” harap Dr. Abdunnur.

Sementara, dari Biro Umum dan PBJ Kemenristekdikti, An Nuha dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan petunjuk pelaksanaan SINDE ini yaitu, mendukung optimalisasi pengelolaan naskah dinas elektronik guna terselenggaranya pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel serta terlaksananya pelayanan prima di Lingkungan Kementerian.

“Sasaran dari sistem ini adalah terciptanya pemahaman yang sama tentang pengelolaan naskah dinas elektronik, terwujudnya keterpaduan dan kesinambungan pengelolaan naskah dinas elektronik di lingkungan unit utama pusat, satuan kerja dan pelaksana teknis di daerah, terselenggaranya pengelolaan naskah dinas elektronik yang efektif dan efisien serta teroptimalkannya pemanfaatan teknologi informasi serta sistem pendukung dalam pengelolaan naskah dinas elektronik,” urainya.

Paparan mengenai Sosialisasi SINDE ini dijelaskan secara bergantian oleh Pak An Nuha, Ibu Gita serta Pak Lucky. (hms/zul)

Screen Shoot   : Robby Adhitya

Foto                  : Sulkarnain

Published Date : 15/11/2021 17:19:00