UNMUL Gelar Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 1 Tahun 2021


Universitas Mulawarman (UNMUL) melakukan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Jum’at (19/11/2021). Prosesi pelepasan mahasiswa UNMUL yang mengikuti program ini juga menyambut mahasiswa yang mengikuti program ini secara Luring di Gedung Integrated Laboratory (I-LAB) UNMUL.

Prosesi Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini juga dihadiri langsung oleh selaku Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono Person in Charge (PIC) Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Dalam Negeri (DN), M. Hasyim Mustamin, M.Ed, dan Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Dr. Sudarman, M.Pd, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si dan para mentor Modul Nusantara dan mahasiswa yang hadir pada luring dan daring.

Dalam laporannya PIC PMM-DM, M. Hasyim Mustamin, M.Ed menyatakan bahwa pada Tahun 2021 ini UNMUL dapat mengikuti pertukaran ini dengan baik dan lancar. Selain itu juga, UNMUL selaku Perguruan Tinggi juga dapat mengirimkan 126 mahasiswa dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan pertama. “Dari 126 mahasiswa tersebut pun terdapat 116 mahasiswa yang aktif dan 10 mahasiswa yang tidak aktif. Seluruh mahasiswa ini pula tersebar ke 71 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dan 26 orang mahasiswa yang sudah kami kirimkan,” jelasnya dalam laporan tersebut.

Adapun Mahasiswa Inbound yang masuk ke UNMUL 409 mahasiswa yang berasal dari 115 Perguruan Tinggi dan Swasta yang terbagi atas 368 mahasiswa yang aktif dan 41 mahasiswa yang tidak aktif. Dalam sambutannya, Dr. Sudarman, M.Pd sebagai Koordinator MBKM juga menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa yang datang langsung ke UNMUL untuk belajar dan melihat langsung kampus tercinta ini. “Tidak banyak yang ingin saya sampaikan, namun pesan yang terbaik adalah jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan khas Samarinda terlebih dahulu seperti Nasi Kuning. Suplemen dan nutrisi merupakan hal penting bagi mahasiswa agar kerja otaknya pun bagus,” pintanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono juga dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam MBKM akan ada sembilan program kegiatan diantaranya dengan membentuk para PIC atau Person in Charge, salah satunya M. Hasyim Mustamin, M.Ed selaku PIC Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri. “Universitas Mulawarman akan menyusun SOP untuk seluruh pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam satu pertemuan bersama para PIC. Program MBKM juga akan dikelola oleh satu aplikasi yang sedang dikembangkan dan bernama UNMUL Kampus Merdeka,” ungkapnya.

Terakhir, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si selaku Rektor Universitas Mulawarman memberikan sambutan sekaligus melepas dan menerima Mahasiswa PMM-DN dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini perlu didukung penuh untuk perkembangan setiap individu mahasiswa. Melalui program ini juga, mahasiswa dapat mengenal Kota Samarinda dan Kalimantan Timur yang kedepannya akan menjadi Ibu Kota Negara.

Dengan adanya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 1 Tahun 2021 ini, kita dapat melihat bagaimana antusiasme para mahasiswa yang mengikuti program ini untuk bisa berkembang lebih jauh dan mengasah kemampuan mereka masing-masing. Selain itu juga, para mahasiswa dapat mempelajari budaya dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang mereka tuju. Demikian pula, banyak sekali nilai-nilai baik yang bisa diterima mahasiswa melalui program ini. (hms/tik)

Foto: Hartanto

Published Date : 19/11/2021 23:59:00