UNMUL dan Kabupaten Paser Sepakat Perluas Cakupan Kerjasama


Mengakhiri aktivitas di penghujung tahun dan membuka peluang kerjasama di tahun – tahun mendatang, Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si memimpin kunjungan kerja Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Diterima di Ruang Kerja Bupati Paser, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si dan Dekan FISIP UNMUL Dr. Muhammad Noor, M.Si.

Sementara itu, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Paser Abdul Kadir, menyambut hangat kedatangan rombongan UNMUL dan Tim. Selasa, (28/12).

Dalam kunjungan ini Rektor UNMUL menawarkan berbagai kerjasama bagi masyarakat di Kabupaten paling selatan di Kaltim ini, khususnya bagi putra – putri Paser yang akan melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi. Rektor juga menyampaikan, untuk meningkatkan SDM yang unggul, Kampus terbesar dan tertua di Kaltim ini siap menerima lulusan Sekolah Mengengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten ini untuk kuliah di Kampus berakreditasi A itu.

“Terlebih UNMUL memiliki lebih dari 90 Program Studi yang bisa dipilih. Tahun 2021 UNMUL berada diposisi nomor 1 Terbaik di Indonesia dalam Riset Bidang Energi versi Scimago, tentu saja kualitas tidak perlu diragukan lagi,” tegas Rektor saat kegiatan ini.

Lebih lanjut jelas Rektor, dengan kerjasama yang selama ini terjalin diharapkan kualitas SDM Kabupaten Paser akan terus meningkat. Tidak hanya sampai disitu, melalui kerjasama yang ada UNMUL bahkan berencana membuka kelas khusus bagi putra – putri terbaik Kabupaten Paser untuk berkuliah di UNMUL.

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas menambahkan, bahkan tidak hanya kelas khusus, Kampus UNMUL kedua juga direncanakan bisa berada di Kabupaten Paser sehingga tidak perlu ke Kampus Utama di Kota Samarinda. “Sekarang Perguruan Tinggi Negeri diizinkan untuk membuka kampus di luar daerah, maka dari itu dengan izin bapak Bupati bisa diimplmentasikan jika ada Kampus UNMUL di Kabupaten Paser,” ucap Dr. Bohari.

Masih banyak kerjasama yang ditawarkan UNMUL kepada Pemerintah Kabupaten Paser terlebih Program Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, sehingga kerjasama merupakan ujung tombak terlaksananya program ini.

Dipertemuan ini Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Paser sepakat memperluas cakupan kerjasama yang terjaliln dengan UNMUL dalam upaya peningkatan potensi sumber daya manusia. Dirinya pun berharap, kerjasama dengan UNMUL akan bermanfaat untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Paser.

“Selama ini kerjasama hanya lingkup terbatas. Pada tahun 2022 ini,  kerjasama akan kita perluas  diberbagai bidang. Terima Kasih Pak Rektor telah berkunjung ke sini, kami menyambut baik kunjungan pada hari ini, dan ini memang yang sudah kami tunggu dari UNMUL,” ucap Bupati. (hms/rmy)

Published Date : 28/12/2021 23:59:00