Rektor: UNMUL di Usia ke 59, Semakin Banyak Karya dan Prestasinya


Gelombang ke III, UNMUL Wisuda 1.072 Orang

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali melaksanakan wisuda secara luring dan daring, Sabtu (25/9/2021). Dalam wisuda Gelombang III kali ini, UNMUL memisuda sebanyak 1.072 orang, terdiri atas 38 persen laki-laki dan 62 persen perempuan.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan upacara Wisuda Sarjana, Profesi dan Pascasarjana UNMUL Gelombang III Tanggal 25 September 2021 melalui luring dan daring. Permohonan maaf kami sampaikan karena sampai saat ini masih belum dapat melaksanakan wisuda secara tatap muka dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dan semoga kita semua selalu mendapatkan perlindungan agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, khususnya terhindar dari wabah Covid-19 dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono.

Lebih lanjut, Prof. Agung menjelaskan, daftar lulusan terbaik tingkat universitas didasarkan pada pertimbangan Indeks Prestasi (IP), waktu penyelesaian studi dan predikat yang dicapai sebagai berikut, yaitu, Program Doktor atas nama Rosmiati dari Doktor Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IPK, 3.78 Masa Studi 4 tahun 5 bulan, Predikat Sangat Memuaskan. “Untuk Program Profesi atas nama Ruslim Andre Kusuma dari Program Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran dengan IPK 3.89 Masa Studi 2 tahun 0 bulan. Predikat dengan Pujian. Program Sarjana atas nama Syifa Nur Aini dari Program Studi Hukum, Fakultas Hukum dengan IPK 3.91 Masa Studi 4 Tahun 0 Bulan Predikat Dengan Pujian,” jelasnya.

Sementara, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menyampaikan apresiasi kepada wisudawan dan wisudawati yang bertepatan diwisuda dalam rangka Dies Natalis ke-59 UNMUL. “Selain kado istimewa buat para wisudawan hari ini perlu juga saya sampaikan, bahwa di ulang tahun ke-59 UNMUL tentu banyak capaian dan aktivitas yang telah dilakukan. Tapi tak kalah pentingnya Insya Allah Dies Natalis UNMUL tanggal 27 September akan mendapatkan suatu kehormatan dengan adanya sambutan dan peresmian gedung dan infrastruktur proyek IsDB UNMUL oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Ini merupakan bagian dari satu rahmat tersendiri. Barangkali kalau kita mau catat sejarah bahwa mungkin ini adalah bentuk yang sangat penting untuk kita ingat,” pungkasnya.

Oleh karena itu, lanjut Prof. Masjaya, ini tidak terlepas dari doa kita bersama bahwa semakin panjang usianya, UNMUL semakin banyak karya dan prestasinya. “Tentu semakin banyak juga orang-orang penting, orang-orang hebat dan sangat kita banggakan untuk bisa memberi kontribusi dan memberikan pengetahuan dan pengarahan kepada kita supaya kita tidak lepas dari visi dan misinya UNMUL. Sekadar mengingatkan kepada kita semua bahwa visi dan misi UNMUL ingin menjadikan universitas berstandar internasional tentu akan melahirkan SDM yang berguna kepada pembangunan bangsa dan negara lewat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertumpu kepada sumber daya alam khususnya tropis lembap dan lingkungannya,” urai Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu.

“Selamat kepada kita semua yang berperan memajukan UNMUL dalam berbagai aktivitas tentu tidak lain akan selalu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan doa dan keikhlasan kita untuk cepat dan berakhirnya masa pandemi ini, sehingga kehidupan normal bisa kita lakukan kembali dan tentu prestasi kita akan semakin maju dan bertambah. Saya juga titipkan kepada kita semua termasuk kepada keluarga, para alumni yang diwisuda hari ini tolong do’akan UNMUL, do’akan para pendidiknya mulai dari staf yang ada di fakultas sampai ke tingkat Rektor. Mudah-mudahan kita sehat semua sehingga kita bisa memajukan dan mengembangkan UNMUL tentu tak kalah pentingnya kita bisa mengabdi kepada bangsa dan negara secara khusus di Kalimantan yang kita cintai. Kalau mau memberi makna dan membesarkan UNMUL jangan lupa kata dan bahasa yang tertuang di dalam visi dan misi UNMUL, janji lulusan serta lagu Mars Universitas Mulawarman yang sangat baik dan mendidik kita untuk mengabdi kepada almamater dan lembaga kita,” tegas Prof. Masjaya. (hms/zul)

Foto                  : Hartanto

Screen Shoot : Reza Maulana Yusuf

Published Date : 25/09/2021 16:29:00