Permudah Pelaksanaan Program MBKM, UNMUL Gelar Workshop


Rektor: Samakan Persepsi Guna Mempermudah Pelaksanaan Program MBKM

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja serta kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih siap kebutuhan zaman saat ini. Kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersbut.

Bertujuan mendukung Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut, Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan kegiatan Workshop Finalisasi SOP dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan MBKM dengan tujuan menyamakan persepsi guna mempermudah dalam pelaksanaan di masa akan datang.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24 November 2021 yang secara resmi di buka oleh Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan,  bahwa kegiatan ini sangat penting dalam rangka menjalankan program nasional yang telah menjadi kebijakan yang harus diimplementasikan UNMUL.

Worskhop yang direncanakan berakhir hingga 26 November itu bertempat di Hotel Bluesky, Kota Balikpapan dihadiri para Wakil Rektor, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas, para PIC MBKM dan Tim Pendukung Program MBKM.

“Diskusi kita harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh, jika ada batu–batu sandungan atau kendala harus diselesaikan bersama sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Selaku Rektor tentunya mengharap banyak setelah kegiatan ini tidak ada lagi permasalahan–permasalahan terkait program MBKM ini khususnya pada SOP dan Juknis Pelaksanaan MBKM,” pesan Rektor.

Dalam workshop ini disampaikan penjelasan terkait Panduan Teknis Penyusunan SOP oleh Ketua LP3M Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si dan Sekretaris LP3M Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si.

Selanjutnya penjelasan finalisasi draft SOP dikemukakan oleh Koordinator PIC MBKM UNMUL Dr. Sudarman,S.Pd, M.Pd.

Sedangkan dihari berikutnya, workshop berlanjut dengan agenda penyusunan SOP oleh masing – masing Tim MBKM yakni Tim 1 MBKM Asisten Mengajar, Tim 2 MBKM Magang, Tim 3 MBKM Pertukaran Mahasiswa, Tim 4 MBKM KKN Tematik, Tim 5 MBKM Proyek Kemanusiaan, Tim 6 MBKM Studi Independen, Tim 7 MBKM Kewirausaan, Tim 8 MBKM Riset, serta Tim 9 MBKM Bela Negara. (hms/rmy)

Foto : Reza Maulana Yusuf

Published Date : 24/11/2021 22:14:00