Mahasiswa KKN Angkatan 47 Sampaikan Hasil Pengabdian Lewat Webinar Diseminasi


Kamis, (07/10) melalui sambungan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara Live Streaming di Channel Youtube P2KPM-LP2M, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman (UNMUL) menghimpun mahasiswa yang telah mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 47 tahun 2021 untuk mengikuti Webinar Diseminasi.     

Dibawah koordinasi Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KPM-LP2M), Ketua Panitia KKN menyampaikan Diseminasi hari ini merupakan bentuk inovasi dalam pelaksanaan KKN tahun 2021 serta sebagai wujud peningkatan luaran pengabdian masyarakat khususnya dalam kegiatan KKN dan kinerja Perguruan Tinggi.

“Pada prinsipnya webinar Diseminasi hari ini sebenarnya adalah mengubah bentuk laporan KKN yang biasa dilakukan dengan cara biasa selama ini menjadi sebuah artikel pengabdian masyarakat yang nantinya akan terpublikasikan melalui lima volume prosiding yang diterbitkan dalam bentuk ISBN,” seru Kiswanto, Ph.D

Dengan begitu tambahnya, artikel – artikel tersebut dapat tercatat dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari kinerja Universitas. Dari 502 kelompok yang ada, tidak hanya laporan akhir KKN saja yang disampaikan, namun juga ada beberapa program individu yang menghasilkan sebuah artikel tersajikan dalam Diseminasi ini. “Sehingga akan ada 524 artikel yang akan dipresentasikan dikesempatan kali ini yang akan dibagi menjadi 32 room,” terangnya.

Tidak hanya disitu, Dosen dari Fakultas Kehutanan ini juga mengatakan dari kegiatan KKN UNMUL telah dihasilkan sekitar 150 artikel dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang dipublikasikan dalam tiga volume Buku KKN.

“Tahun ini kami bisa menyebutkan bahwa akan ada kontribusi besar dari KKN terhadap peningkatan dan pencatatan luaran pengabdian masyarakat guna peningkatan kinerja UNMUL. Kegiatan KKN tidak hanya sekedar aktivitas akademik formalitas biasa, namun tahun ini kami buat inovasi dan kreasi berbeda,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini para mahasiswa diberikan waktu menyampaikan presentasi paper dalam bentuk Sesi Paralel juga diskusi hasil pengabdian masyarakatnya kepada para DPL dengan memanfaatkan fitur Breakout Rooms Zoom.  

Ketua LP2M UNMUL, Anton Rahmadi, Ph.D saat memberikan sambutannya sebelum membuka acara Diseminasi mengemukakan berbagai dinamika kegiatan dan penempatan mahasiswa KKN dalam kondisi Pandemi yang mana harus menyesuaikan kondisi Desa atau wilayah setempat.                            

Di Webinar ini, panitia mengundang Wakil Ketua DPP Indonesian Asscociation for Public Administration (IAPA) sekaligus Kepala Governance Laboratory Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Dr. M.R. Khailrul Muluk, M.Si.

Dari unsur Pemerintah Daerah sesuai dengan tema KKN UNMUL tahun ini yaitu Desa Tangguh Penyangga IKN, hadir Dr. Mohammad Jauhar Efendi, M.Si yang merupakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kaltim, H. M. Robyan Noor, SE., M.TP sebagai narasumber. (hms/frn)

 

Link Terkait:

Capai Target Luaran, Gubernur Kaltim Serahkan Mahasiswa KKN ke Rektor UNMUL

Published Date : 07/10/2021 16:27:00