Dr. Bohari : Pekerjaan Civil Work 4in1 IsDB Project UNMUL “ZERO TEMUAN”


Senin, (20/12), Final Hand Over (FHO) Pekerjaan Civil Works 4in1 Islamic Development Bank (IsDB) Project PIU Universitas Mulawarman (UNMUL) dilaksanakan di Hotel Grand Jatra, Kota Balikpapan. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Ketua SPI, Tim Project Implementation Unit (PIU) UNMUL, Direktur Utama PT. Nusa Konstruksi Enjiring (NKE) dan Direksi, serta tim lapangan atau teknis project IsDB.

Diketahui, sejak berakhirnya pekerjaan konstruksi diakhir tahun 2020, NKE telah melakukan maintenance atau pemeliharaan selama satu tahun dan berakhir pada hari ini. Sehingga secara resmi tanggung jawab pemeliharaan diserahkan kembali kepada UNMUL.

Dokumen Final Hand Over ditandatangani Direktur Utama PT.NKE Budi Susilo dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si sekaligus saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Humas serta Vice Directur PIU IsDB UNMUL.

Dalam sambutannya dikatakan,  awal mula UNMUL mendapatkan project IsDB tidak lain karena usaha serta kerja keras dari Rektor UNMUL, Prof. Dr. H Masjaya, M.Si terutama dalam melakukan negoisasi dengan Kementerian dan pihak IsDB. Hal ini ditegaskan karena dari sekian banyak Universitas yang mengusulkan, UNMUL menjadi salah satu dari empat Universitas yang mendapatkan pembiayaan ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT NKE telah bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang dikerjakan  selama ini sesuai dengan yang kita inginkan, dengan melaksanakan FHO ini maka tanggung jawab PT NKE untuk pemelilharaan telah selesai, dan diserahkan sepenuhnya kepada UNMUL,” ucap Bohari.

“Kualitas pekerjaan konstruksi dari NKE sangat luar biasa, perlu kami sampaikan bahwa audit BPKP sampai tahun 2020 Zero Temuan,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. NKE, Budi Susilo menegaskan, bekerja dengan sebaik mungkin menjadi pesan khusus kepada Project Manager NKE sejak dinyatakan terpilih menjadi kontraktor pelaksana proyek ini.

“Saat diawal menang tender saya katakan kepada Project Manager kami, kerjakan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya pada hari ini dari UNMUL sangat puas Tepat Waktu Tepat Mutu dan Lebih Murah. Kami berkomitmen bahwa ada 4 yang tidak bisa dikomersialkan yakni Rumah Ibadah, Lembaga Pendidikan, Rumah Sakit, dan Orang-orang berpenghasilan rendah” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, selain hadir untuk membuka acara serta menandatangani sertifikat achievement untuk PT.NKE, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si turut pula memberikan apresiasinya sehingga terlaksananya dengan baik pembangunan infrastruktur baru di Kampus Gunung Kelua sebutan UNMUL.

“Alhamdulillah dalam perjalanannya progressnya sangat bagus walaupun diawal-awal agak terhambat, saya melihat para pimpinan NKE komitmennya sangat kuat dan perjuangannya juga sangat luar biasa, bisa kita lihat pada bangunan yang dibangun,” ucap Rektor.

Rektor juga berterima kasih kepada jajaran Direksi dan Project Manager atas karyanya, dan saat ini bangunan yang dibangun di lingkungan Kampus menjadi kenangan dan sejarah akan mencatat bahwa karya NKE yang ada di UNMUL adalah bagian dari karya besar anak bangsa.

Diakhir sambutannya, Rektor juga menegaskan kepada para tamu undangan yang hadir bahwa dengan diserahkannya secara penuh pemeliharaan gedung ini, sivitas akademika dapat melakukan pemeliharaan sesuai standar yang ditentukan. “Jangan sampai karya besar NKE justru tidak terplihara oleh kita, maka dari itu mari kita jaga sama-sama karena perjuangan mendapatkan gedung – gedung ini sangat luar biasa,” tutupnya. (hms/rmy)

 

Published Date : 20/12/2021 20:57:00