Capai Target Luaran, Gubernur Kaltim Serahkan Mahasiswa KKN ke Rektor UNMUL


Serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 47 Tahun 2021 dari Gubernur Kalimantan Timur kepada Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL) terlaksana secara Virtual melalui Platform Zoom Cloud Meeting, Kamis, (02/09).

Mahasiswa KKN UNMUL telah menyelesaikan berbagai program kerjanya mulai tanggal 21 Juni hingga 14 Agustus 2021. KKN UNMUL tahun ini yang bertema Desa Tangguh Penyangga Ibukota Negara tersebut diikuti sebanyaknya 2.450 mahasiswa yang tersebar di 502 lokasi dan dibimbing oleh 68 Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Hal itu disampaikan langsung oleh Kiswanto, Ph.D, sebagai Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat (P2KPM), Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNMUL dalam laporannya.

“Kebijakan KKN tahun ini menerapkan kombinasi Luring dan Daring yang berbasis Program Kegiatan serta memiliki Target Pencapaian Luaran. Adapun luaran KKN diantaranya telah dicapainya 90 Webinar Pengabdian, 52 Video Tutorial, 502 Artikel Prosiding ISBN, 30 Sertifikat HKI, 10 Buku ISBN, 305 Video Profil Daerah, 67 Book Chapter Buku ISBN, 199 Video Profil UMKM, serta 20 Artikel Jurnal Pengabdian dan dari data – data tersebut masih berpeluang bertambah,” jelasnya.

Sementara itu masih dalam laporannya, Dosen Fakultas Kehutanan UNMUL ini juga menyampaikan akan digelar secara virtual Diseminasi KKN yang menghadirkan 3 pembicara tingkat Nasional dan Kaltim. Kemudian ditampilkan pula 502 artikel Pengabdian hasil Program KKN, dan 32 kelompok bidang.

“Acara Diseminasi KKN akan kami laksanakan pada tanggal 7 Oktober mendatang. Tidak ketinggalan pula kami sampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak dan mitra yang telah bekerjasama dan berkontribusi dalam pelaksanaan KKN Angkatan 47 Tahun 2021,” serunya.

Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor., M.Si dalam kesempatan ini menyampaikan sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, H.M. Syirajuddin, S.H.,M.T.

Secara khusus, Rektor UNMUL selain menerima kembali dengan baik serah terima mahasiswa KKN secara simbolis. Pimpinan PTN terbesar di Kaltim ini juga mengapresiasi semua kerja keras mahasiswa dan instansi serta mitra terkait sehingga program rutin tahunan ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik sesuai sasaran yang ditetapkan.  

“Peran Gubernur Kaltim, Instansi terkait serta para mitra untuk bekerjasama dengan UNMUL dalam rangka pengabdian pada masyarakat sangat patut kami apresiasi tinggi. Terlebih dengan segala keterbatasan karena masih dalam kondisi Pandemi seperti sekarang ini,” kata Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si.

Meski demikian, hasil dari KKN yang telah disampaikan, diutarakan Rektor telah membuktikan bahwa Pandemi tidak menjadi penghalang produktivitas mahasiswa dalam mengimplementasikan program kerja yang telah disusun. Hasil karya mahasiswa harap Rektor akan bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

LP2M dalam hal ini sebut Rektor, menjadi pelopor terdepan UNMUL untuk bergerak menyusuri aktivitas kehidupan masyarakat untuk mengabdi dalam bentuk pembekalan dan edukasi bahkan membimbing secara khusus berbagai aktivitas masyarakat agar bisa menjadi sejahtera dan perekonomian dapat berjalan dengan baik.

“KKN merupakan pembelajaran dan modal dasar para Ananda sekalian untuk memasuki dunia kerja dan bahkan membuka lapangan pekerjaan baru. UNMUL tidak hanya meluluskan Sarjana, namun juga ingin para lulusan kami menjadi motor penggerak pembangunan serta berperan di tengah – tengah masyarakat,” harap Rektor. (hms/frn)

 

Link Terkait:

UNMUL Sebar Mahasiswa KKN ke 16 Provinsi di Indonesia

Published Date : 02/09/2021 18:16:00