Usai Tampil di Tingkat Wilayah, Tim NUDC dan KDMI UNMUL Berlaga di Tingkat Nasional


Setelah mengikuti ajang National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat wilayah kali ini tim Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk berlaga di ajang tingkat nasional. Kejuaraan ini berlangsung mulai dari 14 hingga 19 Juli 2019 yang bertempat di Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, yakni NUDC dilaksanakan di Fakultas Farmasi dan KDMI di selenggarakan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Babak penyisihan dari NUDC terdiri dari 7 babak dan KDMI 5 babak. Lomba debat NUDC ini terdiri atas 2 kategori yaitu main draw dan novice, sedangkan lomba non debat terdiri atas lomba public speaking dan essay writing.

Tim Debat yang mengikuti NUDC, yaitu A. Susanto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Ratu Fortuna P.T.P dari Fakultas Teknik sebagai debaters, dan Ndaru Widianto sebagai Adjudicator. Adapun Tim dari KDMI yang mewakili Kalimantan, yakni Ainur Basirah Mulya dari Fakultas Kedokteran (FK), Revy Fadly Robby Rachmadi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Adi Winata dari Fakultas Kedokteran (FK) ketiganya bertindak sebagai pendebat atau pembicara serta Citra Ayu Bulo dari Fakultas Teknik (FT) bertindak sebagai juri institusi (adjudicator).

Peserta yang mengikuti ajang kejuaraan NUDC ini, yakni 112 tim NUDC dan 28 tim KDMI yang merupakan pemenang tingkat wilayah I sampai dengan XIV sesuai kuota. Adapun jumlah keseluruhan peserta NUDC tingkat nasional berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa Debaters dan 112 orang N1 Adjudicators, sedangkan jumlah keseluruhan peserta KDMI tingkat nasional berjumlah 112 orang yang terdiri atas 84 mahasiswa debaters dan 28 orang N1 Adjudicators.

Kegiatan ini digelar oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk meningkatkan daya saing lulusan di era global sekaligus memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya.

Baik NUDC maupun KDMI ini dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin. Dalam sambutannya ia menyampaikan turut berbangga atas peserta yang terpilih dari seluruh Indonesia untuk mengikuti ajang kegiatan ini untuk mengharumkan nama almamater masing masing perguruan tinggi. Ia pun membuka kegiatan dengan mengucapkan Basmalah dilanjutkan pemukulan gong yang disaksikan oleh Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), pejabat terkait dan seluruh peserta yang hadir di gedung Airlangga Convention Center. (hms/rmy)

Laporan Langsung Staf Humas UNMUL Reza Maulana Yusuf, S.Kom dari Kota Surabaya, Jawa Timur