UPT Perkasa UNMUL Adakan Job Fair dan Gebyar Kewirausahaan


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PERKASA) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Job Fair dan Gebyar Kewirausahaan II. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, dari hari Senin hingga Selasa (8-9/10), bertempat di Auditorium UNMUL.

Ketua Panitia Job Fair dan Gebyar Kewirausahaan Mukti Priastomo, M.Si, Apt dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh para perusahaan mitra job fair dan gebyar kewirausahaan UNMUL tahun 2018 serta rekan-rekan mahasiswa dan alumni yang berwirausaha pada hari ini. “Acara ini merupakan bagian dari program kerja UPT PERKASA khususnya Divisi Pengembangan Karir. Job Fair ini sudah yang ke-2 kalinya digelar. Selain agenda pembukaan Job Fair dan Gebyar Kewirausahaan, ada kegiatan Talkshow, Succes Story, Testimoni Alumni, Company Profile dan Konsultasi Karir,” paparnya.

Sedangkan di hari kedua, lanjut Dosen Fakultas Farmasi ini, kita fokus kepada kewirausahaan dan akan ada pemilihan Duta Kewirausahaan UNMUL. “Duta ini nanti mengkampanyekan dan mengajak teman-teman mahasiswa dan juga alumni untuk bisa berwirausaha. Perusahaan serta mitra kerja yang hari ini terlibat dalam job fair dan gebyar kewirausahaan, terdapat 32 perusahaan dari berbagai sektor yaitu perbankan, pendidikan, kehutanan, finansial, jasa, transportasi, perhotelan, penerbangan dan telekomunikasi. Angka ini meningkat hampir 100 persen dari tahun 2017 yang lalu. Kemudian untuk wirausaha terdapat 14 wirausaha mahasiswa dan alumni yang hadir di kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara, Kepala UPT PERKASA UNMUL Uni W. Sagena, S.IP., M.Si., Ph.D menyampaikan rasa syukur karena UPT yang telah memasuki usia yang ke-3 ini diberikan kesempatan dan kesehatan untuk bisa melaksanakan even yang cukup besar yang merupakan prioritas kami di UPT PERKASA ini. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan penghargaan atau apresiasi yang setinggi-tingginya kepada beberapa pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini.

“Job fair dan gebyar kewirausahaan ini merupakan kegiatan yang kita agendakan rutin. Jadi kegiatan ini merupakan tahun yang ke 2 kita laksanakan. Alhamdulillah dari segi desain, interior kemudian dari segi keterlibatan pihak-pihak ketiga dan juga dari rangkaian susunan acara itu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kegiatan tahun lalu,” tegas Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Job Fair dan Gebyar Kemahasiswaan ini dibuka oleh Rektor yang dalam kesempatan kali ini di wakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, M.P. Dalam Sambutannya Dr. Encik mengungkapkan UPT PERKASA menyediakan tempat dan mempertemukan calon pengusaha dengan pengusaha yang sudah jadi dan juga calon investor yang biasa kita sebut sebagai inkubator bisnis itu. Jadi inkubator bisnis ini artinya memegang peranan penting bagi calon-calon yang ikut berwirausaha.

“Hari ini UPT PERKASA mengadakan job fair dan juga gebyar kewirausahaan lalu ditandai dengan akan dinobatkannya duta kewirausahaan UNMUL. Job fair dan gebyar kewirausahaan sebetulnya sesuatu yang berbeda tetapi masih diwadahi di tempat yang sama. Barangkali dikesempatan-kesempatan yang akan datang kita suport job fair ini pada saat-saat sebelum wisuda,” ujarnya.

Dan yang tidak kalah penting Dr. Encik menambahkan, bahwa gebyar kewirausahaan ini adalah kelanjutan dari program-program berwirausaha yang dulu sudah di dorong baik di bwah komando Bidang Kemahasiswaan dan Alumni maupun yang sudah dilaksanakan oleh UPT PERKASA, juga kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia yang sudah dilaksanakan melalui UPT PERKASA.

Setelah memberikan sambutan dan membuka acara, Dr. Encik menyerahkan plakat maupun sertifikat kepada Perusahaan Mitra maupun peserta gebyar kewirausahaan. (hms/zul)