UNMUL Peringati Hari Lahir Pancasila


“Bersatu , Berbagi, Berprestasi” adalah tema yang diusung dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 2018. Dalam momentum ini, sivitas Universitas Mulawarman (UNMUL) turut melaksanakan apel bendera yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Umum, Sumber Daya Manusia, dan Keuangan UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, Jumat (01/06).

“Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran, dan kejernihan batin para founding fahters Indonesia,” ucap Dr. Abdunnur membacakan naskah Pidato Presiden RI Joko Widodo.

Para pendiri bangsa, lanjutnya, dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” imbuhnya.

“Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru, dan ustadz, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pungkas Presiden dalam naskah sambutannya. Kegiatan ini pun ditutup dengan pembacaan doa yang diikuti seluruh peserta upacara. (hms/rob)