Unmul Lakukan Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN 2018


Sosialisasi ke Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara

Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke wilayah bagian selatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Penerimaan mahasiswa baru Unmul melalui 3 jalur yaitu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2018.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Unmul Prof. Dr. Ir. H. Agus Sulistyo Budi yang didampingi oleh Staff Khusus Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Triyono Sudarmaji, M.Agr. Dalam presentasinya Prof. Agus menjelaskan mengenai deskripsi pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN 2018, untuk SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik dan biaya ditanggung pemerintah. “Sedangkan SBMPTN berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan dan biaya disubsidi oleh pemerintah,”tuturnya.

Untuk SMMPTN lanjut Prof. Agus, dilaksanakan sendiri oleh PTN dan biaya dibebankan kepada peserta.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Balikpapan, Drs. Eddy Effendi mengatakan sosialisasi ini sangat penting bagi kita semua khususnya para siswa yang hadir pada hari ini. Ikuti dan simak betul sosialisasi ini dan gali informasi dari tim sosialisasi Unmul. Bagi yang mengikuti sosialiasi ini, tolong informasi ini disebarluaskan bagi para siswa yang tidak sempat mengikuti kegiatan ini.

Pelaksanaan Kegiatan sosialisasi untuk wilayah Balikpapan ini terpusat di SMA Negeri 1 Balikpapan, tepatnya di Ruang Auditorium, Selasa (20/02). Dengan mengundang para guru maupun siswa baik itu SMA, SMK dan MA yang di Balikpapan.

Setelah melakukan sosialisasi di Kota Balikpapan, tim sosialisasi Unmul selanjutkannya melaksanakan sosialisasi di SMA Negeri 1 Tana Paser, Kabupaten Paser pada hari Rabu (21/02) dan setelah itu pada hari Kamis (22/02) kembali melaksanakan sosialisasi di Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tepatnya di SMA Negeri 8 PPU. (hms/zul)