UNMUL Lakukan Seleksi KDMI di Tingkat Perguruan Tinggi


Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Bagian Kemahasiswaan menyelenggarakan Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan pola pembinaan mahasiswa untuk memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya. Salah satu usaha pembinaan tersebut adalah melalui kompetisi debat, yang telah dirumuskan dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Bibit Suhatmady, S.Pd.,M.Pd mengungkapkan KDMI ini yang pertama kali dilaksanakan oleh Kemenristekdikti. Semoga semangat dan spiritnya itu sama dengan NUDC. “Konsep untuk KDMI ini sendiri sama seperti halnya NUDC ada pemilihan best speaker. Jadi yang dicari bukan untuk mewakili fakultasnya tapi yang dicari yaitu best speaker. Bisa saja best speaker itu berasal dari tim yang berbeda bukan tim yang juara, bisa saja terjadi seperti itu. Karena penilaian secara perindividu lebih condong ke speakernya. Masing-masing anda akan punya kesempatan yang sama untuk menjadi best speaker, “jelasnya.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini menambahkan bahwa best speaker yang bisa mewakili UNMUL di jenjang atau ke level berikutnya. Upayakan yang terbaik, tidak hanya kemampuan berbahasa Indonesia yang baik tapi konten dari apa yang dijadikan mosi dalam debatnya itu yang harus menjadi bobotnya yang akan dinilai didalam debat tersebut. “Jadi Performance ada didalam debating yang akan dilihat. Sistem yang akan digunakan didalam KDMI ini adalah Asian Parliamentery System berbeda dengan debat bahasa Inggris atau NUDC,”bebernya.

“Saya mengharapkan kepada adik-adik mahasiswa bisa berkompetisi dengan baik supaya nanti bisa mewakili UNMUL ke jenjang berikutnya yang akan membawa prestasi membanggakan diri sendiri, orang tua maupun UNMUL,”pungkas Dr. Bibit yang membuka Seleksi KDMI Tingkat Universitas atau perguruan tinggi ini, Rabu (11/04).

Seleksi KDMI ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 11 hingga 13 April 2018. Acara pembukaan sendiri dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3, sedangkan pelaksanaan debatnya di S2 Aula Pertanian. (hms/zul)