Undang Para Tim Review Borang dan Ketua GJMF, LP3M UNMUL Adakan Pelatihan Borang Online


Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan Pelatihan Borang Online, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat UNMUL, Selasa (4/12). Kegiatan ini dihadiri para pejabat dari LP3M, para tim review borang dan para ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas (GJMF) di lingkungan UNMUL.

Ketua LP3M UNMUL yang diwakili oleh Sekretaris LP3M Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si mengatakan instrumen yang baru untuk akreditasi Program Studi (Prodi) masih diperpanjang sampai dengan April 2019. “Sehingga sangat disayangkan kalau ini kita tidak manfaatkan, kita akan bisa gunakan untuk prodi yang akan mengajukan reakreditasi. Seiring waktu berjalan di tahun 2019, LP3M harus melanjutkan kebijakan yang akan menggeser instrumen online ini menjadi yang 4.0, tinggal menyesuaikan karena ini sudah 7 standar. Tinggal akan dipecah, dan ada pemecahannya yang ada di kami baru APT yang 3.0 karena sudah go 31 Oktober, 1 November sudah jalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa beberapa senior yang asesor sudah mengakses menggunakan 3.0. Untuk yang 4.0 nanti, pelatihannya ini baru masuk ke tahap II. “Saya berharap Pak Putut dan teman tetap membantu, mari kita permudah instrumen itu. Kalau sudah ada online kita tinggal print, verifikasi dan review bersama tim review. Tim review pun ini akan disahkan oleh Pak WR I. Selama ini tim review melekat langsung ke LP3M. Saya sangat berharap untuk semua dari GJMF, tim review bisa memberikan masukan dan kita koreksi bersama dan 7 standar ini bisa langsung digunakan,” ujarnya.

Pelatihan Borang Online dipaparkan oleh Putut Pamilih Widagdo, S.Kom., M.Kom dalam paparannya menjelaskan mengenai tujuan dan pemanfaatannya yaitu memudahkan dalam melakukan evaluasi penilaian prodi UNMUL yang siap untuk ditingkatkan nilai akreditasinya. “Memudahkan dalam pemberian pendampingan bagi prodi yang akan mengajukan akreditasi. Manajemen tata kelola data akreditasi prodi yang ada di lingkungan UNMUL,” jelasnya.

Pengaturan Role dan User, lanjut Putut, untuk users, digunakan untuk mengelola data users yang menggunakan aplikasi borang ini, seperti menambah, merubah atau menghapus data pengguna. “Roles, digunakan untuk mengelola data roles yang dapat menggunakan aplikasi borang ini, seperti menambah, merubah atau mengahapus data roles yang akan digunakan. User Role, digunakan untuk mengatur role atau level pengguna bagi tiap-tiap user yang menggunakan aplikasi borang,” pungkasnya. (hms/zul)