Tingkatkan Mutu Pendidikan, UNMUL Adakan Workshop Technical Assistance


Universitas Mulawarman (UNMUL) saat ini telah meraih akreditasi institusi A dari BAN-PT. Meskipun demikian, UNMUL senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya yang dipunya. Salah satu langkahnya melalui Workshop Technical Assistance yang digelar dengan topik bahasan Penguatan Kurikulum dan Best Practice Implementasi Kurikulum KKNI dan SKPI serta Pembentukan Pusat Unggulan IPTEK di Unmul, Sabtu (07/04).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNMUL Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi dalam sambutannya. “Kami termasuk tim yang diberikan amanah untuk mengembangkan kurikulum, sehigga kami sangat fokus terhadap pendidikan,” ucapnya.

“Kita ingin mempertahankan dan meningkatkan akreditasi UNMUL yang telah diraih. Semoga kita bisa mengambil pelajaran yang sangat berguna dan bermanfaat dalam agenda ini,” tambah Prof. Agus.

Setali tiga uang, Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono turut berharap hal yang sama. “UNMUL memiliki posisi Perguruan Tinggi yang berada pada jantungnya Kalimantan yaitu tropical rain and forest beserta lingkungannya. Dengan keunggulan ini sebenarnya kita bisa berbuat banyak, memberikan spesifikasi yang bisa didorong melalui diantaranya adalah kurikulum yang memungkinkan kita bisa melaju lebih cepat. Semoga dengan sharing bersama PTN yang telah lebih maju, kita dapat mengambil langkah positif dalam rangka mengakselerasi kemajuan UNMUL menuju cita-cita bersama yang kita impikan,” tuturnya.

Kegiatan yang terselenggara di Hotel Midtown Samarinda ini menghadirkan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A dan Dr. Suyatno dari Universitas Diponogoro sebagai narasumber.

Untuk diketahui, dihari yang sama turut dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Pertanian UNMUL dengan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Perjanjian ini meliputi pelaksanaan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Dekan Pertanian UNMUL Dr. Ir. Rudiansyah, M.Si dan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng.

Serta Kerjasama Faperta UNMUL dengan Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB, yang dihadiri Kepala Pusat Studi Satwa Primata LPPM IPB Drh Huda Shalahudin Darusman, M.Si., Ph.D. (hms/rob)