Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90: Bangun Pemuda Satukan Indonesia


Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 diselenggarakan di lingkungan Universitas Mulawarman (UNMUL). Bertempat di halaman GOR 27 September, upacara ini diikuti penuh khidmat oleh civitas akademia UNMUL, Senin (29/10).

Diawali dengan mars Universitas Mulawarman, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih diiringin lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si selaku pembina upacara dalam kesempatan ini membacakan naskah pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Republik Indonesia, Imam Nahrawi. “Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018,” ucapnya.

Ia melanjutkan, kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Selamat Hari Sumpah pemuda ke-90,” tandasnya. (hms/rob)