Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN 2018 di Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang


Sangata, Kabupaten Kutai Timur

Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri tahun 2018 di Kabupaten Kutai Timur, tepatnya di Kota Sangata, Selasa (20/02). Dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sangata Utara, acara ini dihadiri oleh perwakilan guru dan siswa sekolah dari 18 Kecamatan yang ada di wilayah administratif Kabupaten Kutai Timur.

Sama seperti tahun sebelumnya, Unmul kembali memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru dari 3 jalur penerimaan yakni SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Tak banyak yang berubah dari mekanisme pendaftaran mahasiswa baru di tahun 2018 ini, Unmul pada tahun 2018 ini lebih mendorong agar sekolah dan siswa mengambil kesempatan sebaik-baiknya untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unmul, Drs. La Hasan, M.Si saat memberikan sambutannya menjelaskan bahwa tahun ke tahun jumlah siswa di Kalimantan Timur yang diterima di PTN mengalami peningkatan, yang menjelaskan bahwa kesempatan bagi siswa-siswa di wilayah Kalimantan Timur sangat besar untuk diterima di PTN. “Dari analisis yang kami lakukan, peningkatan jumlah siswa yang diterima adalah bukti bahwa putra-putri daerah, dari manapun bahkan hingga ke pelosok memiliki kesempatan besar untuk diterima di PTN,” ucapnya.

Lain halnya dengan Kepala BAK, Kasubbag. Akademik dan Evaluasi Unmul, Kasidi, S.Sos memberikan penjelasan bahwa setelah beberapa tahun dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, seharusnya jalur penerimaan ini bisa dimanfaatkan lebih baik lagi agar seluruh siswa yang potensial dan memiliki prestasi bisa diterima. “Jalur SNMPTN bisa dimanfaatkan untuk benar-benar menyaring siswa yang berprestasi lebih baik lagi, jadi potensi untuk diterima juga lebih besar,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa penerimaan jalur SNMPTN ini tidak hanya dinilai secara akademik, namun prestasi non akademik turut menjadi acuan diterimanya siswa di PTN. Berbeda dengan SBMPTN yang dilaksanakan dengan tes tertulis, maka acuan yang dijadikan dasar diterima adalah nilai tes semata.

Delegasi Unmul untuk melaksanakan Sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala BAK, Drs. La Hasan, M.Si, didampingi Kasubbag. Akademik dan Evaluasi, Kasidi, S.Sos, serta staff Registrasi dan Statistik Isai Mangele. Sosialisasi ini didampingi oleh perwakilan SMA Negeri 1 Sangata Utara, Istadi. 

Kota Bontang

Sementara itu, keesokan harinya pada Rabu (21/02) Pkl. 09.00 Wita di SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), Sosialisasi untuk Kota Bontang dilaksanakan dan dihadiri oleh perwakilan sekolah dari wilayah tersebut. Saat acara dilaksanakan tim Unmul didampingi oleh Kepala Sekolah SMA YPK, Drs. Rakim, M.Pd.

Pada sosialisasi di Kota Bontang yang telah dilaksanakan 5 tahun terakhir ini, menjadi ajang para siswa mengajukan pertanyaan seputar proses penerimaan mahasiswa baru.  Tidak berbeda dengan agenda sosialisasi di Sangata, Kabupaten Kutai Timur, agenda Sosialisasi di Kota Bontang pun sama.

Kepala Sekolah SMA YPK Bontang, Drs. Rakim, M.Pd saat memberikan pengarahan sebelum penjelasan tim Unmul mengatakan bahwa agenda Sosialisasi ini sangat penting bagi guru dan siswa di Kota Bontang, karena sumber informasi yang jelas dan terperinci.

“Saya berharap sosialisasi ini bisa kita manfaatkan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 ini,” ucapnya.

Pada Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN tahun 2018 ini ada sedikit perbedaan yakni dengan hadirnya tim Telkomsel dalam pemaparan materi di setiap kota. Perusahaan telekomunikasi ini bekerjasama dengan Unmul membangun aplikasi Unmul Mobile.

Unmul Mobile  adalah aplikasi berbasis mobile yang baru saja diluncurkan Unmul pada 12 Februari 2018 lalu. Aplikasi ini bisa didownload di Playstore pada Android dan Applestore pada Mac, kegunaan Unmul Mobile sendiri ialah dapat diakses dengan cepat, kapan saja dan dimana saja, membantu penggunanya untuk mendapatkan informasi tentang Unmul. Diantaranya forum chat mahasiswa, info nilai mahasiswa, jadwal kuliah, forum jual beli, info event kampus, info tagihan kuliah, hingga info rumah kost dll. (hms/arc)