Sosialisasi Anggota Muda UKM KSR UNMUL


Sosialisasi Anggota Muda atau yang disingkat SOSAM merupakan suatu kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Universitas Mulawarman (UNMUL). Kegiatan sekaligus syarat bagi anggota muda yang akan menjadi anggota penuh dalam organisasi kemahasiswaan ini.

SOSAM dilaksanakan dengan konsep acara Seminar dan Workshop Bantuan Hidup Dasar dan Resusitasi Jantung Paru dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Henti Jantung dan Henti Pernapasan”. Aktivitas yang diinisiasi oleh angkatan ke 21 KSR UNMUL itu berlangsung di Gedung Bundar Fakultas Kehutanan, Sabtu, (06/04) pukul 08.00 hingga 15.30 WITA.

Pemateri berkompeten dalam bidangnya dihadirkan UKM yang berdiri sejak tahun 1998 itu, yakni dari PT. INDOMINCO MANDIRI yang membagi pengalamannya. Materi yang disampaikan adalah CPR – (Hands-Only) yang merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Tindakan CPR yang disebut juga Resusitasi Jantung Paru (RJP) tersebut juga bisa dilakukan pada orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung.

Para peserta yang berasal dari berbagai delegasi Relawan Muda di Kalimantan Timur (Kaltim) merasa sangat antusias dan senang dengan diadakannya kegiatan ini, karena beberapa diantara mereka baru pertama kali mengikuti kegiatan Pertolongan Pertama Pada Henti Jantung dan Henti Pernapasan ini.

Hal tersebut dapat dilihat ketika pemateri menyampaikan materi dan dilaksanakan dengan praktek pada sebuah alat peraga mirip boneka manusia yang disebut dengan boneka phantom. Para peserta berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting, bernilai positif dan berharap kegiatan serupa dapat kembali terlaksana di waktu yang akan datang.(ukmksr/hms/frn)

 

Foto: UKM KSR UNMUL