Sediakan 2.272 Kursi, 14.179 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN di UNMUL


Serentak secara nasional, Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 yang dimulai Sabtu, (13/04). Meningkat dari tahun sebelumnya, Universitas berakreditasi A ini menyediakan daya tampung sebanyak 2.272 kursi untuk calon mahasiswa baru.

Sementara itu, data yang dihimpun dari bagian akademik ujian yang tahun ini seluruhnya menggunakan komputer sebagai sarana tes tersebut diikuti 14.179 peserta dengan rincian 7.293 peserta mengikuti kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dan 6.886 orang mengikuti kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).

Memastikan UTBK yang diadakan pertama kalinya dan serentak di 73 PTN itu berjalan lancar, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono serta Kepala Sub Bagian Humas, Dewi Novi Rianti, SH., MH melakukan kunjungan ke 15 lokasi berbeda tempat ujian berlangsung. Kunjungan dimulai pukul 07.30 hingga berakhirnya sesi pagi UTBK tepat 11.45 WITA.

Diketahui, untuk memfasilitasi peserta yang berjumlah belasan ribu, UNMUL bekerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Samarinda untuk menyiapkan 1.120 unit Personal Computer (PC) yang dapat digunakan peserta UTBK SBMPTN pada sesi pagi dan siang mulai tanggal 13 April hingga 26 Mei 2019 setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pengumuman hasil UTBK akan didapatkan setelah 10 hari ujian selesai. Hasil ini  nantinya akan masuk secara otomatis di masing – masing akun peserta tes. Tahapan setelah mengikuti UTBK SBMPTN akan berlanjut dengan pendaftaran untuk memilih PTN dan Program Studi mulai tanggal 10 sampai 24 Juni 2019. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan didapatkan tanggal 09 Juli 2019 pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id/. (hms/frn)