Prodi Peternakan Unmul Raih Akreditasi A


Menyusul Predikat Universitas Berstatus Unggul

Capaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Mulawarman (Unmul) yang berpredikat akreditasi A disusul oleh Program Studi (Prodi) di Fakultas. Fakultas Pertanian (Faperta) melalui Prodi Peternakan berhasil meraih predikat serupa sebagai pemilik predikat unggul dan berlaku hingga tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 3426/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017.

Perjuangan panjang, bahkan hingga dua tahun sebelum masa berlaku akreditasi terdahulu berakhir, diakui oleh Ketua Prodi Peternakan, Dr. Ir. Taufan Purwokusuamaning Daru, MP. Ditemui di Laboratorium Nutrisi Ternak Faperta, Jum’at, (13/10) ia mengatakan kendala yang dihadapi selama proses tersebut adalah melengkapi data-data yang dibutuhkan dari para dosen sebagai dokumen penunjang assesment.

“Persiapannya sudah dua tahun semenjak kepengurusan Ketua Jurusan terdahulu. Selama persiapan itu, setiap minggu bahkan dirapatkan untuk mendapatkan data-data tersebut,” ucapnya.

Selama kehadiran Asesor, satu hal menarik disampaikannya adalah waktu visitasi yang tidak seperti biasanya yakni dilakukan selama dua hari. Laboratorium, sarana dan prasarana tidak ketinggalan dinilai.  “Harapannya, saat ini memang masih terdapat beberapa kekurangan. Itulah yang kita kejar untuk segera diperbaiki,” tambahnya.

Ke depan, dirinya berambisi setelah mendapatkan akreditasi ini. Satu keinginan ingin diwujudkannya adalah mempercepat masa studi mahasiswa. Kualitas dosen pun akan dipantau termasuk di dalamnya produktifitas penelitian. Poin tersebut menjadi penilaian asesor yang akan datang.  

“Karena kemarin yang mendapatkan poin tertinggi dari aspek kemahasiswaan dalam kegiatan-kegiatan mahasiswa level nasional maupun internasional yang diikuti mahasiswa, terutama prestasi akademik yang diraihnya,” tuturnya 

Ditemui terpisah, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si menyatakan apa yang sudah dicapai sangat pantas disyukuri, karena sejak Unmul meraih akreditasi A Institusi, komitmen untuk setiap fakultas agar secepatnya meraih akreditasi A menjadi keniscayaan.

“Alhamdulillah Fakultas Pertanian dengan Prodi Peternakannya sudah mendapatkan akreditasi A, ini juga tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, mereka telah bekerja keras, bekerja cerdas, ikhlas, serta secara bersama-sama,” katanya.

Pembuktian ini juga menurut Rektor akan memberikan motivasi tersendiri semua Prodi di Fakultas lainnya. “Semoga secepatnya yang lain segera menyusul pencapaian ini,” harapnya. Ditegaskannya, Unmul saat ini mempunyai program pendampingan khusus akreditasi. Oleh karena itu, Rektor memberikan kebijakan berupa dana stimulan dalam penyusunan borang Prodi untuk akreditasi. Terkhusus bagi Prodi yang berhasil mendapatkan akreditasi A. (hms/frn)