Prodi HI Unmul Tuan Rumah Konvensi Nasional


Program Studi (Prodi), Hubungan Internasional (HI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Mulawarman (Unmul) sukses sebagai tuan rumah pertemuan tahunan Konvensi Nasional VIII Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) 2017, yang berlangsung Selasa, (10/10) hingga Jum’at, (13/10) di Samarinda.

Sebagai salah satu rangkaian acara diadakan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Wilayah Perbatasan Indonesia dalam Perspektif Hubungan Internasional” di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) dengan Keynote Speaker Gubernur Kalimantan Utara, sekaligus Alumni Unmul, Dr. Ir. H. Irianto Lambrie., MM serta Laksamana Muda TNI Ir. Achmad Djamaludin., M.A.P Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Kemenko Polhukam. Diruangan yang sama, sebagai pembicara hadir Komandan Korem (Danrem) 091 ASN Samarinda, Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos.

“Kami berharap besar bahwa sumbangan pemikiran dari para peserta hari ini nanti bisa menjadi sumbangsih saran untuk pembangunan di wilayah perbatasan. Selain itu dapat juga membantu kami yang berada di daerah perbatasan,” ungkap Dekan Fisip Unmul, Dr. H. Muhammad Noor., M.Si

Pun demikian dengan pemerataan dan pembangunan perbatasan dikatakannya perlu mendapatkan perhatian khusus dari pihak-pihak yang berkompeten. “Hari ini peserta yang tergabung dalam AIHII mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk membahas persoalan perbatasan. Semoga bisa mengupas secara tuntas tentang bagaimana cara membangun wilayah perbatasan dari perspektif hubungan internasional,” tambahnya. 

Ketua AIHII, Prof. Tirta Nugraha Mursitama., MM., Ph.D menyatakan asosiasi ini merupakan vocal point yang harus dimanfatkan Prodi HI di seluruh Indonesia. Kehadiran 101 peserta dari 43 Prodi HI merupakan bentuk partispasi yang tinggi. Moment ini juga dianggapnya penting karena dalam acara para Dosen Prodi HI itu akan ditentukan kepengurusan baru.

Saat memberikan laporannya, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua Prodi HI Fisip Unmul, Enny Faturahmi, S.IP., M.Si menjelaskan tahun ini merupakan gelaran konvensi AIHII yang ke delapan, dan memberikan amanat kepada Prodi HI FIsip Unmul sebagai tuan rumah.

Tema yang diangkat atas dasar perkembangan wilayah Kalimantan yang sampai hari ini masih memiliki persoalan-persoalan perbatasan dengan Negara tetangga dan masih jarangnya persoalan ini dikaitkan dengan perspektif hubungan internasional.  

Beberapa kegiatan konvensi disampaikannya akan diisi seminar nasional, forum guru besar dimana dalam agenda ini para guru besar HI akan memberikan rangsangan, gagasan-gagasan dalam perkembangan ilmu HI, selanjutnya sidang akademik dimana dalam sesi ini akan dipresentasikan paparan para akademisi nasional.

“Peserta konvensi nasional adalah para akademisi HI yang terdiri dari Ketua Prodi dan Dosen. Adapun jumlah paper yang diterima panitia sebanyak 70 paper. Selain itu, ada pula sesi akademik khusus. Dalam sesi ini akan dibahas isu-isu khusus. Kegiatan lainnya adalah sidang organisasi. Dan puncak aktivitas ini akan dilakukan pemilihan ketua AIHII untuk periode tahun 2017-2020,” tuturnya. (hms/frn)