Perbaiki Sistem, DPM KM Unmul Adakan Lokakarya Pemira Online


Penyelenggaraan Pemilihan Raya (Pemira) online di Universitas Mulawarman (Unmul) tahun 2017 ini memasuki tahun keempat. Sejak pertama kali digelar sejak 2014 silam, agenda akbar tahunan ini selalu berjalan lancar dengan sistem online. Hal tersebut disampaikan oleh Alif Mustofa selaku ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa (KM) Unmul saat Lokakarya Pemira Online, Senin (15/05).

“Sejauh ini berjalan lancar namun dari sistem ada sisi yang mungkin bisa dimanfaatkan sehingga akan terjadi kecurangan, itu adalah hal bersama yang tidak kita inginkan. Maka dari itu kami hari ini melaksanakan Lokakarya Pemira online agar sistem ini dapat terus diperbaiki, ditingkatkan sehingga dapat mencapai sistem yang sifatnya paripurna,” ucap Alif.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul yang turut hadir dan membuka acara ini berpandangan serupa. “Sistem yang ada saat ini memang belum dapat mewadahi semua pihak, akan tetapi sistem yang ada sudah bisa memberikan hasil. Maka berangkat dari pemikiran itu, kita berharap sistem yang sudah dimiliki ini merupakan sistem yang baik dari pelaksanaan Pemira online,” tutur Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP.

Sistem online ini, lanjut Dr. Encik mengadopsi dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang lebih dulu telah menerapkannya. “Melihat dari kemudahan dan kecilnya gesekan horizontal antar mahasiswa terhadap pemilhan raya maka sistem online ini yang dipilih oleh rektor pada waktu itu, dan kita berharap ini dapat diteruskan serta nanti hasil-hasil yang kita dapatkan dari rekomendasi lokakarya ini akan dibuatkan dalam bentuk SK rektor. Semoga acara hari ini dapat berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Acara yang berlangsung di Ruang Sebaguna Rektorat Unmul ini turut dihadiri para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas dan perwakilan pengurus dari DPM Fakultas. Dimulai dengan penyampaian materi mengenai pentingnya berdemokrasi dan partisipasi mahasiswa dari Dr. Mahendra Putra Kurnia, SH., MH. Dilanjutkan dengan penjelasan lebih lanjut mengenai sistem Online oleh Ketua UPT TIK, Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom. Serta ditutup dengan penyampaian tanggapan, evaluasi, rekomendasi dan closing statement yang dipimpin oleh Alif Mustofa. (hms/rob)