Pelatihan SPMI LP3M UNMUL Undang Para Dosen


Kegiatan rutin kembali dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL). Kegiatan tersebut adalah Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi dosen di lingkungan UNMUL dengan tujuan meningkatkan kompetensi para dosen.

Selama tiga hari, 08 hingga 10 Mei 2019, bertempat di Hotel Selyca Mulia, Kota Samarinda, Ketua Panitia Pelatihan SPMI, Dr. dr. Rahmat Bakhtiar., MPPM dalam laporannya mengatakan, merujuk dari Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) yang baru, dimana Program Studi (Prodi) di setiap Fakultas harus meletakan dasar – dasar SPMI dalam segala aktivitas khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Ke depannya tidak akan ada lagi Prodi yang unggul tanpa melaksanakan SPMI,” katanya.

Pelatihan ini jelasnya, dirancang sesuai dengan standar pelatihan nasional, karena sebutnya saat ini UNMUL telah memiliki pelatih nasional yang juga sebagai Dosen di Kampus berakreditasi A ini. Sedangkan tujuan pelatihan selama tiga hari ini sambungnya, akan didapatkan tenaga – tenaga fungsional yang nanti akan mampu membuat dokumen SPMI di Prodi masing – masing.

“Ke depan yang membuat borang akreditasi bukan hanya lagi di Fakultas melainkan langsung di tingkat jurusan Fakultas. Jika tenaga – tenaga SPMI di Prodi mampu membuat dokumen dengan baik maka akan sangat bagus dampaknya. Sehingga pelaksanaan kegiatan Tridharma di Prodi bisa berajalan dan ditingkatkan sesuai dengan standar – standar yang dibuat Prodi,” tegasnya.

Selain itu di dalam pelatihan ini dirinya berharap dukungan fakultas agar semua bisa bersinergi dalam membuat dokumen – dokumen mutu yang baik. “Kami berkomitmen pelatihan – pelatihan seperti ini akan terus dilakukan dikemudian hari. Sesuai standar nasional, peserta dalam kegiatan ini telah ditentukan sebanyak 30 orang peserta. Namun hingga saat ini mulai terlihat banyak peserta tambahan dari Fakultas yang mulai datang,” urainya.

Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi membuka acara ini secara resmi. Sebelumnya, Guru Besar dari Fakultas Kehutanan ini berpesan peserta dapat mengikuti dengan baik pelatihan di setiap sesinya. Perkembangan teknologi menurutnya, menuntut untuk selalu melakukan inovasi. UNMUL harapnya, dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang tetap pada posisi unggul. “Meskipun dalam kondisi puasa semoga kegiatan pelatihan ini tetap berjalan dengan baik,” imbaunya.

Berbagai materi penting disampaikan dalam pelatihan ini, seperti diantaranya pada hari pertama materi seputar Sinkronisasi SPMI dengan IAPS 4.0 diutarakan oleh Sekretaris LP3M UNMUL, Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si. Sementara pada sesi selanjutnya, materi Kebijakan Nasional SPME dipresentasikan oleh Kepala Pusat Audit Internal dan Akreditasi LP3M UNMUL, Prof. Dr. Daniel., M,Si dan materi Pengantar Menyusun Dokumen Kebijakan SPMI dikemukakan oleh Sekretaris Pusat Manajemen Mutu LP3M UNMUL serta Pelatih Nasional SPMI, Penny Pujowati, S.Pt., M.Si. (hms/frn)