Jelang Penerimaan Mahasiswa Baru, SMA Negeri 10 Samarinda Kunjungi UNMUL


Waktu yang semakin dekat menjelang penerimaan mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019, dimanfaatkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Samarinda untuk berkunjung ke Universitas Mulawarman (UNMUL) guna mendapatkan informasi terkini seputar profil dan proses masuk di universitas berakreditasi A satu – satunya di Pulau Kalimantan ini.

Lebih dari 300 siswa kelas 12 sekolah unggulan di Kalimantan Timur (Kaltim) ini memadati Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, Senin, (14/01) tempat acara diselenggarakan. Sebelum pemaparan teknis dari Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), terlebih dahulu Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Bohari Yusuf, M.Si memaparkan kondisi terkini universitas dan beberapa capaian yang telah dan akan dicapai.

“Dengan 37 ribu mahasiswa, saat ini sedang dalam proses pembangunan, tidak lama lagi UNMUL akan memiliki laboratorium tercanggih di Kalimantan Timur melalui pembangunan bantuan IDB,” katanya.

Kepala BAK, Drs. La Hasan, M.Si menjelaskan sejak berdiri tahun 1962, saat ini UNMUL memiliki 14 Fakultas dan satu Program Pascasarjana dengan jumlah 92 Program Studi (Prodi). Sedangkan pada semua jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 UNMUL menyiapkan 65 Prodi dengan jumlah total 5.481 daya tampung yang tersedia.

Materi teknis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) secara detail dipaparkan oleh Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAK UNMUL, Abdul Khadir, S.Kom., M.Si.

Secara garis besar perbedaan mendasar diutarakannya dari tahun sebelumnya adalah persentase kuota daya tampung sistem seleksi masuk PTN. “Selain terjadi perbedaan sistem seleksi, tahun ini juga terjadi perubahan jumlah pilihan Prodi dan sistem tes bagi SBMPTN,” jelasnya.

Sebelum sesi tanya jawab, kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kepala SMA 10 Samarinda, Drs. H. Agus Gazali, M.Si tersebut, Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Aditya Irawan, S.Pi., M.Si, melengkapi pengetahuan para siswa yang hadir dengan penyampaian informasi terkait beasiswa, kegiatan kemahasiswaan, serta seputar minat dan penalaran mahasiswa. (hms/frn)

Foto: Reza Maulana Yusuf