Ini Dia Jadwal Pemilihan Rektor Unmul


Tahun ini, Universitas Mulawarman (UNMUL) akan melakukan proses Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2018 – 2022. Beberapa persiapan matang sudah dilakukan panitia dan siap diimplementasikan. Melalui Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat UNMUL M. Ihwan, S.Sos., M.AP, dibeberkan bahwa tahapan penting Pilrek UNMUL untuk periode empat tahun mendatang tersebut diawali dengan sosialisasi tatacara PIlrek pada tanggal 4 Juni hingga 12 Juni 2018 melalui media cetak, elektronik dan website resmi UNMUL. Tidak  ketinggalan surat edaran di lingkungan kampus pun dilakukan dihari yang sama.

“Rapat senat terkait tata tertib Pilrek yang sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 19 Tahun 2017 serta tanggal - tanggal penting pelaksanaan proses pemilihan sudah disetujui dan ditetapkan,” urainya di Rektorat Unmul.

Setelah sosialisasi sambungnya, penjaringan bakal calon Rektor dimulai 8 sampai 27 Juni dengan agenda penyampaian formulir kesediaan menjadi bakal calon Rektor dan pengembalian formulir kesediaan menjadi bakal calon Rektor. Kemudian, dalam rapat tertutup penetapan bakal calon Rektor akan dilakukan pada hari Kamis 28 Juni. Menyusul keesokan harinya diumumkan hasil penjaringan bakal calon Rektor.

Sementara itu, melibatkan civitas akademika dan publik, Senin, (09/07) akan dihelat penyampaian visi, misi dan program kerja para calon Rektor periode 2018 – 2022. “Sedangkan dihari yang sama panitia pemilihan Rektor UNMUL yang diketuai oleh Dr. H. Muhammad Noor, M.Si juga melakukan rapat tertutup untuk menilai dan menetapkan tiga calon Rektor yang kemudian disampaikan ke Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Rabu, (11/07),” lanjutnya.

Senin, (13/08), tahapan pemilihan calon Rektor diisi dengan rapat senat tertutup, serta tugas panitia Pilrek yang beranggotakan 23 orang itu akan berakhir melalui penyampaian hasil pemilihan Rektor UNMUL periode 2018 – 2022 kepada Menristek Dikti dalam jangka waktu 14 Agustus sampai 20 Agustus mendatang. (hms/frn)

 

Jadwal Pemilihan Rektor Unmul dapat dilihat disini