Ini Dia Dekan Terpilih Fakultas Hukum Periode 2017-2021


Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman (Unmul) menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka pemilihan Dekan Periode 2017-2021, Senin (11/09). Agenda yang berlangsung di gedung FH Unmul Lantai III ini, dibuka secara resmi oleh Dr. Ivan Zairani Lisi, S.H., S.Sos., M.Hum selaku Ketua Senat sekaligus Dekan FH Unmul.

Saat memimpin Rapat Senat Terbuka, Dr. Ivan mengawali dengan penjelasan mengenai tahapan pemilihan Dekan dan membacakan tata tertib. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan visi, misi dan rencana program kerja dari para calon dekan secara paralel.

Dalam kesempatan ini juga, para hadirin yang merupakan, anggota senat fakultas, dosen, tenaga administrasi, mahasiswa, dan alumni mendapat kesempatan untuk mengkritisi dan memberikan pertanyaan kepada para kandidat.

Dihari yang sama, tepat pukul 14.00 Wita turut digelar Rapat Senat Tertutup guna memilih pimpinan Fakultas Hukum ini. Hasilnya Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H., M.H berhasil unggul dengan raihan 5 suara, sementara lawan tunggalnya Dr. Rosmini, S.H., M.H meraih 2 suara. Dengan hasil tersebut, menetapkan Dr. Mahendra sebagai dekan terpilih Fakultas Hukum periode 2017-2021.

Saat diwawancarai, Dr. Mahendra mengaku kedepan banyak tantangan yang akan dihadapinya. “FH Unmul sebagai sebuah faultas yang baru berkembang, masalah utamanya adalah bagaimana bisa membuat kondisi harmonis di dalam. Ketika sudah harmonis, baru kemudian kita bisa keluar untuk melangkah bersama,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, akan melakukan terobosan dalam merancang kegiatan akademik. “Program unggulan saya adalah mengintegrasikan hasil penelitian ke dalam mata kuliah. Semua mata kuliah sebisa mungkin substansinya berbasis hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen bersama dengan mahasiswa,” imbuh Dr. Mahendra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik & Kemahasiswaan FH Unmul.

“Ini bukan lah sebuah persaiangan, ini merupakan sebuah proses. Harapannya setelah ini tidak ada perselisihan. Mohon dukungan dari semua pihak untuk bisa mensukseskan target atau rencana yang telah direncanakan fakultas,” pungkasnya.

Menanggapi hasil pemilihan dekan ini, Dr. Ivan berharap dekan terpilih dapat memberikan hal yang baru dan menjaga amanah. “Tentu diharpkan adanya inovasi-inovasi baru tentang pengembangan fakultas Hukum kedepan. Semoga Dekan baru bisa memegang amanah untuk bisa menyuarakan seluruh kepentingan yang ada. Baik itu dosen, staf administrasi, mahasiswa dan alumni. Serta meningkatkan pencapaian akreditasi hukum sehingga bisa mencapai target A,” harapnya. (hms/rob)