FK Unmul Peringati Hari Turbekulosis


Mengangkat tema “Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis (TB)” Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar TB Day 2017, Rabu (19/04). Terselenggara di Ruang Serbaguna Rektorat Unmul acara ini diikuti antusias oleh penggiat tenaga kesehatan se-Kota Samarinda.

“Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat pemangku kebijakan dalam mendukung program penanggulangan TB serta menempatkan TB sebagai isu utama disemua sektor masyarakat,” jelas Dr. dr. Rahmat Bakhtiar, MPPM selaku Ketua Pelaksana.

Selain itu, lanjut dr. Rahmat penyebarluasan informasi tentang TB kepada masyarakat akan meningkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mencegah penularan TB yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga. “Indonesia melalui Kemenkes memiliki target Indonesia Bebas TB 2050. Untuk mencapai target tersebut peran serta masyarakat sangat diperlukan terutama dalam membantu menemukan kasus TB dan membantu melakukan pengawasan terhadap pengobatan pasien TB sampai sembuh, agar rantai penularan TB di Indonesia dapat dihentikan,” imbuhnya.

Acara yang dipandu oleh Dr. Tumpak Sinaga, MPH sebagai moderator ini berjalan dengan pemaparan narasumber secara panel. Menghadirkan para pakar diantaranya, Drg. Harsono selaku Kabid P2 Dinas Keseharan Provinsi Kaltim, dr. Marwan, SpP, M.Kes dan Dr. dr. Yadi, M.Kes dari FK Unmul. Acara ini pun ditutup dengan diskusi terbuka dan pembagian door prize bagi peserta yang beruntung. (hms/rob)