FGD Percepatan Kenaikan Jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar di Lingkungan UNMUL


Kualifikasi jabatan akademik merupakan salah satu parameter penting dalam akreditasi program studi, termasuk akreditasi Institusi (Perguruan Tingggi). Presentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar mendapatkan porsi penilian yang tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL) menginisiasi Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Kenaikan Jabatan ke Lektor Kepala dan Guru Besar di lingkungan UNMUL, Senin (03/12).

“Penyelenggaraan FGD ini diharapkan dapat mendorong semangat para dosen dalam pengajuan kenaikan pangkat dan sekaligus mengakselerasi kenaikan presentase dosen dengan kualifikasi lektor kepala dan Guru Besar di lingkungan UNMUL,” ucap Dr. Ir. Triyono Sudarmadji, M.Agr, selaku staf khusus Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL dalam sambutannya.

Tujuan acara ini, lanjut Dr. Triyono, salah satunya adalah dalam rangka menyusun road map jenjang karier dosen menuju jabatan akademik Guru Besar. “Output yang diharapkan terpahaminya road map jenjang karier dosen menuju LK dan GB serta tersosialisasikannya cover letter untuk submitting academic paper,” jelasnya.

Acara yang terselenggara di Hotel Selyca Mulia Samarinda ini diisi oleh Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Sc dari Tim PAK Pusat. Para peserta adalah dosen tetap UNMUL yang mempunyai waktu kerja cukup dan dinilai siap untuk mengajukan kenaikan jabatan ke LK atau GB. (hms/rob)