FGD Bidang Kemahasiswaan, Bahas 5 Agenda Utama


Universitas Mulawarman melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syaifuddin, MP menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas 5 agenda kemahasiswaan. FGD ini dilaksanakan di Ruang Meeting Rumah Ulin Arya, kawasan Bayur Sempaja Utara pada Selasa (12/12).

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya, M.si berkesempatan langsung membuka acara tersebut, turut pula hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas Dr. Bohari Yusuf, M.Si,. Kemudian sebagai peserta FGD yakni  Wakil Dekan Bidang Akademik,  Kemahasiswaan dan Alumni dari 14 Fakultas serta perwakilan lembaga di lingkungan Universitas Mulawarman.

5 agenda utama yang dibahas ialah Pedoman Etika, Kalender Kemahasiswaan, Student Day dan Kealumnian, SOP Pembiayaan dan SOP IT Prestasi Mahasiswa, dan terakhir Edaran Pelarangan Sponsorship dan Beasiswa Berbasis Rokok dan Minuman Keras.

Dalam sambutannya, Rektor Unmul menyatakan bahwa perlunya FGD ini untuk meningkatkan kepercayaan mahasiswa kepada pengelola Universitas. “FGD ini adalah bentuk kesungguhan kita untuk melaksanakan aktifitas kemahasiswaan di kampus ini dengan maksimal, karena dimata mahasiswa apa yang kita lakukan sebagai pengelola belum maksimal,” ucapnya.

Masjaya juga menjelaskan sejak ia memimpin kampus terbesar di Kalimantan Timur ini, telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk melaksanakan aktifitasnya, yakni dengan memberlakukan Student Day di setiap hari Sabtu. “Kita telah memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa Unmul untuk berakfititas di Student Day, meskipun hasilnya kurang maksimal. Oleh karena itu di FGD ini kita akan mencari solusi terbaik,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syifuddin, MP menjelaskan salah satu alasan dilaksanakannya FGD ini karena belum selesainya pedoman kemahasiswaan yang disesuaikan. “Kami melaksanakan FGD ini untuk membahas agenda kemahasiswaan, supaya setiap agenda yang direncanakan nanti bisa dipersiapkan sumber daya pendukungnya,” ucapnya.

FGD ini menghadirkan 6 narasumber dari berbagai bidang, yakni Dr. Ali Suhardiman, S.Hut., MP, Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, MM, Drs. La Hasan, M.Si, Dr. Bibit Suhatmady, M.Pd, Aditya Irawan, S.Pi., M.Si serta Uni W Sagena, M.Si., Ph.D. (hms/arc)