Fakultas Teknik Unmul Helat Seminar Nasional Teknologi IV


Fakultas Teknik (FT) Universitas Mulawarman (Unmul) melaksanakan Seminar Nasional Teknologi IV yang bertemakan “Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pada Lingkungan Tropis”. Acara ini dilaksanakan di Gedung Hexagonal Fakultas Teknik, Kamis (09/11).

Muriani Emelda Isharyani, ST., M.T. selaku Ketua Panitia Seminar Nasional Teknologi IV dalam laporannya menjelaskan bahwa Seminar Nasional Teknologi ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Unmul, yang dilakukan 2 tahun sekali. Ini seminar yang keempat yang kita laksanakan pada hari ini. “Seminar ini dimaksudkan untuk membantu para akademisi dan praktisi untuk menyampaikan gagasan atau hasil-hasil dari penelitian mereka yang merupakan dalam pemanfaatan di kehidupan masyarakat sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat tentang pemaparan Iptek ini, dalam menyelesaikan masalah-masalah mereka, “ujar Dosen Fakultas Teknik ini.

Lebih lanjut Muriani menambahkan, perbedaan yang sangat signifikan dari seminar teknologi pada tahun ini adalah kami bekerja sama dengan beberapa jurnal nasional terakreditasi yaitu jurnal reaktor untuk bidang teknik kimia dari Universitas Diponegoro kemudian jurnal riset industri dari Kementerian Perindustrian dan jurnal teknologi mineral batu bara dari LIPI. “Harapannya dengan adanya kerja sama ini kami dari panitia dapat memfasilitasi para pemakalah untuk dapat mempublikasikan tulisannya di jurnal nasional terakreditasi serta mencapai tujuan diselenggarakannya Seminar Nasional Teknologi IV ini. Untuk update peserta saat ini, peserta pemakalah tercatat sebanyak 79 artikel dan peserta lomba poster tercatat 27 peserta. Kami sudah memilih 5 finalis. Yang kemudian nantinya akan dipilih juara 1,2 dan 3. Dari 79 artikel ini merupakan prestasi karena ini dua kali lipat dari angka ataupun dari pemakalah dari seminar nasional teknologi sebelumnya. Kami berterima kasih atas animo yang luar biasa ini,” terangnya.

Senada dengan Ketua Panitia, Dekan Fakultas Teknik Unmul Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T. mengatakan Seminar Nasional Teknologi IV ini kegiatan yang sudah dilakukan 4 kali oleh Fakultas Teknik Unmul. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan atau memaparkan kepada publik hasil-hasil riset penelitian yang sudah dilakukan oleh Civitas Akademika Fakultas Teknik Unmul begitu juga dengan teman-teman para dosen, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam bidang keteknikan. Insha Allah Seminar Nasional Teknologi tahun depan akan kita tingkatkan menjadi Konferensi Internasional kemudian dipublikasikan melalui prosiding yang bertaraf internasional, “tegasnya.

“Sebagai informasi juga bahwa acara Seminar Nasional Teknologi IV ini adalah salah satu kegiatan yang implementasi dari kerja sama universitas-universitas yang tergabung didalam Kalimantan University Network. Yang anggotanya terdiri dari Universitas Mulawarman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Palangkaraya, Universitas Tanjungpura dan Universitas Borneo. Insha Allah kerja sama ini akan berlanjut ke konferensi internasional tahun depan universitas-universitas yang tergabung didalam Kalimantan University Network ini,” paparnya.   

Sementara, Rektor Unmul yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dr. Bohari Yusuf, M.Si menyampaikan melalui seminar ini dijadikan teman-teman tidak hanya sebagai mempresentasikan hasil ilmiah tetapi juga sebagai tukar-menukar informasi ilmiah antar peneliti satu dengan yang lainnya. “Dengan kegiatan seperti ini, kita juga bagaimana bersama-sama berpikir untuk membangun Fakultas Teknik secara bersama-sama untuk menjadi yang lebih baik. Semoga seminar ini berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi kita semua dan terutama bagi Unmul sendiri,”pungkasnya.

Pembicara dari seminar ini yaitu, Haspiadi, PG. Dip. Sc. M.Si (Kepala Seksi Teknologi Industri Balai Riset dan Standarisasi Industri Samarinda), Ir. Sivera Dian Getrida, M.M. (Manajer Departemen Proses dan Pengelolaan Energi PT. Pupuk Kaltim), Dr. Tamrin, S.T.,M.T. (Dosen Fakultas Teknik Unmul). Sedangkan yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Abdul Kahar, S.T., M.Si. (Dosen Fakultas Teknik Unmul).

Acara ini dihadiri para Civitas Akademika Fakultas Teknik Unmul, dosen-dosen, para Mahasiswa Fakultas Teknik Unmul, serta undangan lainnya. (hms/zul)