English Language Competitions 2017 Diikuti Ratusan Peserta


Menginjak usia 55 tahun Universitas Mulawarman (Unmul) yang berdiri sejak 1962 silam, kampus hijau ini terus berupaya meningkatkan mutu serta kualitas Universitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan English Language Competitions (ELC) 2017. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono saat membuka acara yang terlaksana di UPT. Balai Bahasa Unmul Kampus Flores, Kamis (14/09).

“Unmul saat ini sudah mencapai akreditasi unggul A. Memiliki visi jangka panjang menjadi universitas internasional. Satu elemen penting yang harus kita coba galakan terus adalah memandang bahasa inggris sebagai suatu hal yang tidak sulit salah satunya melalui kegiatan ini,” ucapnya.

Menang atau kalah lanjut Prof. Agung, adalah hal yang biasa. Dalam suatu kompetisi tidak mungkin semua menang, pasti ada yang kalah. “Tetapi kekalahan itu akan menjadi bagian  yang penting untuk memacu diri kita untuk bisa berhasil. Dan saya sangat percaya, kalau ada kemauan disitu pasti ada jalan. Setiap orang pasti memiliki potensi untuk bisa menguasai yang namanya bahasa inggris. Hanya semangat juang kita lah yang dituntut untuk bisa mencapai apa yang kita cita-citakan tersebut,” imbuh Guru Besar Fakultas Kehutanan Unmul ini.

“Terakhir, apresiasi kepada guru yang telah mengantarkan siswanya, karena tanpa peran serta dari para guru tentu saja acara ini tidak akan bisa berlangsung dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Syamdianita, M.Pd mengatakan lomba ini terdiri empat kategori. Yakni Spelling Bee, Story Telling, Comprehensiive English Parity Aptitude Test dan Creative Writing. “Lomba ini diikuti 267 peserta dari SD, SMP dan SMA se-Kalimantan Timur. Terimakasih kepada sekolah dan orangtua yang telah mendaftarkan anak didiknya pada acara ini,” urai ketua lomba (ELC) 2017 ini.

Setali tiga uang, Dr. Aridah, MA menuturkan kegiatan tahunan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan kali ini memasuki tahun keempat. “Tujuan lomba ini adalah salah satunya untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan yang ada di balai bahasa. Serta menambah persaudaraan antar guru, siswa dan juga memupuk sportivitas yang ada,” jelasnya.

Untuk diketahui, acara ini akan berlangsung hinga Jumat (15/09) sebagai grand final dan pengumuman pemenang lomba. Serta dilaksanakan Annual Seminar & Workshop bagi para guru pada Sabtu (23/09) di Hotel Horison Samarinda. (hms/rob)